Yogyakarta

KSPSI DIY Usulkan Pemerintah Terapkan Upah Minimum Sektoral

Di DIY setidaknya ada dua sektor industri yang dapat dikategorikan unggulan, yakni sektor industri pengolahan dan sektor akomodasi, makan dan minum.

KSPSI DIY Usulkan Pemerintah Terapkan Upah Minimum Sektoral
Kompas.id
Ilustrasi: Upah Minimum Provinsi (UMP) 2020 

TRIBUNJOGJA.COM - Selain UMP yang harusnya disesuaikan dengan KHL yang ada di DIY, Irsyad Ade Irawan, Sekretaris KSPSI DIY juga menyoroti perlunya penerapan Upah Minimum Sektoral Provinsi/Kabupaten (UMSP/K).

Menurutnya di DIY setidaknya ada dua sektor industri yang dapat dikategorikan unggulan, yakni sektor industri pengolahan dan sektor akomodasi, makan dan minum.

Ia menerangkan jika dua sektor industri tersebut bisa dikatakan unggulan karena mempunyai pertumbuhan di atas nasional serta kontribusi yang relatif besar terhadap PDRB.

11 Rekomendasi Restoran Jepang di Kota Yogyakarta yang Perlu Kamu Tahu

Untuk sektor industri pengolahan memiliki pertumbuhan sebesar 5,07% dan kontribusi terhadap PDRB sebesar 13,21%.

Sedangkan untuk sektor akomodasi, makanan dan minuman memiliki pertumbuhan 5,51% dan kontribusi terhadap PDRB sebesar 10,22%.

"Selain kedua sektor tersebut, kontribusi mereka semua di bawah 10%. Pada tahun 2018, BPS merilis daya peranan terbesar dalam pembentukan PDRB DIY pada tahun 2018 dihasilkan oleh kategori Industri Pengolahan yakni mencapai 12,99%, disusul oleh kategori Konstruksi sebesar 10,28%, dan penyediaan akomodasi dan makan minum sebesar 10,22%," ungkapnya.

Upah Minim DIY Belum Dianggap Belum Sesuai KHL

Selanjutnya, pada triwulan II-2019, dilihat dari besarnya distribusi persentase kategori atas dasar harga berlaku, lima urutan terbesar yakni industri pengolahan 13,02%, kontruksi 10,91%, penyediaan akomodasi, dan makan minum 10,20%, pertanian kehutanan dan perikanan 9,15% dan perdagangan besar dan eceran serta reparasi mobil dan sepeda motor 8,70%

"Kelima kategori tersebut memberikan kontribusi lebih dari setengah total PDRB DIY, yakni sebesar 51,98%. Seharusnya Pemerintah bisa menerapkan UMSP/K di DIY," katanya. (TRIBUNJOGJA.COM)

Penulis: Siti Umaiyah
Editor: Gaya Lufityanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved