Kulon Progo

Penilaian Potensi Gangguan dan Risiko di Bandara YIA, Garuda Indonesia Beri Warna Hijau

Maskapai penerbangan untuk melakukan penilaian dan identifikasi potensi gangguan dan risiko yang mungkin ada di Bandara YIA.

Penilaian Potensi Gangguan dan Risiko di Bandara YIA, Garuda Indonesia Beri Warna Hijau
istimewa
Proses Hazard Identification and Risk Assessment (HIRA) di Bandara Internasional Yogyakarta (YIA), Kulon Progo, Jumat (18/10/2019). 

TRIBUNJOGJA.COM, KULON PROGO - Program Hazard Identification and Risk Assessment (HIRA) kembali digelar PT Angkasa Pura I di Bandara Internasional Yogyakarta (YIA), Kulon Progo, Jumat (18/10/2019).

Hal ini dilakukan sebagai persiapan untuk menyambut operasi penerbangan rute internasional di bandara tersebut pada April 2020 mendatang.

Dalam kegiatan ini, AP I mengajak pihak-pihak terkait, terutama maskapai penerbangan untuk melakukan penilaian dan identifikasi potensi gangguan dan risiko yang mungkin ada di Bandara YIA dari sudut pandang masing-masing pihak.

Hasil atau temuan yang didapatkan di lapangan selanjutnya menjadi rekomendasi bagi AP I untuk upaya pembenahan.

Grebek Pasar Isuzu Traga, Lebih Dekat ke Konsumen

"Harapan saya, walaupun kami sudah all out menyiapkan sisi udara, ada teman-teman yang akan melihat apa saja kekurangannya dan menyampaikannya ke kami untuk dilaksanakan sehingga pada saatnya nanti (operasi penerbangan internasional) di April 2020, tidak ada lagi catatan," kata General Manager AP I Yogyakarta, Agus Pandu Purnama di sela kegiatan.

Dalam kegiatan itu, terdapat beberapa temuan di area sisi udara (airside), khususnya runway atau landasan pacu meskipun sifatnya cenderung minor serta tidak signifikan berpengaruh pada operasi penerbangan.

Di antaranya leveling atau kerataan permukaan, marka, dan lainnya.

Temuan ini relatif tak jauh berbeda dari hasil assessment dan audit yang dilakukan Direktorat Jenderal Perhubungan Udara beberapa bulan silam sebelum operasi penerbangan perdana berjalan di Bandara YIA.

Pandu menyebut, hasil audit dan assessment itu sekarang sedang diproses dan tidak ada permasalahan besar yang muncul.

Mengenal ATC YIA yang Berkelas Internasional, Tingginya 48,5 Meter dan Punya 8 Lantai

Apalagi, YIA sudah melayani puluhan jadwal penerbangan sejak Mei 2019 lalu dan hingga saat ini berjalan lancar dan aman.

Halaman
12
Penulis: Singgih Wahyu Nugraha
Editor: Gaya Lufityanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved