Yogyakarta

Pasar Keroncong Kotagede 2019 Siap Digelar, Upaya Menghidupkan Musik Asli Indonesia

Sejumlah musisi dan grup keroncong tanah air siap mengisi panggung yang disebar di beberapa titik di kawasan heritage ini.

Pasar Keroncong Kotagede 2019 Siap Digelar, Upaya Menghidupkan Musik Asli Indonesia
TRIBUNJOGJA.COM / Wahyu Setiawan
Muhammad Natsir Darbey Ketua sekaligus Penggagas Pasar Keroncong Kotagede 2019 (kanan) bersama Sekretaris Dinas Pariwisata DIY Rose Sutikno (dua dari kanan) dan narasumber lain dalam sesi jumpa media Pasar Keroncong Kotagede 2019 di Yogyakarta, Rabu (16/10/2019). 

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Gelaran salah satu pestanya musisi keroncong, musik khas asli Indonesia, Pasar Keroncong Kotagede (PKK) tahun ini akan kembali digelar pada Sabtu 19 Oktober 2019.

Sejumlah musisi dan grup keroncong tanah air siap mengisi panggung yang disebar di beberapa titik di kawasan heritage ini.

Sesuai nama, Pasar Kotagede masih dipertahankan menjadi lokasi utama kegiatan ini.

Belasan grup musik keroncong, komunitas musik ditambah musisi keroncong kondang Subarjo HS siap berpadu dalam pesta yang digelar di kawasan terbuka ini.

HNF Ingin Kenalkan Musik Keroncong kepada Generasi Milenial

Muhammad Natsir Darbey Ketua sekaligus Penggagas PKK 2019 menyebutkan tahun ini tema 'Keroncong Tak Kunjung Padam' diusung untuk memberi semangat bagi pelaku musik keroncong untuk tetap nguri-uri musik asli Indonesia selain dangdut ini.

"Bagaimana mereka (generasi muda) bisa mau melestarikan musik ini kalau menyukai saja tidak, bagaimana bisa mereka suka kalau melihat saja belum pernah, disini sebagai wadah untuk itu, kita ingin mereka mulai mengenal dan mau melestarikan musik keroncong," katanya dalam sesi jumpa media di Kotagede, Rabu (16/10/2019).

Kotagede dikatakan Natsir, menjadi pusat kebudayaan musik keroncong di Yogyakarta.

Musik ini tumbuh dan besar sejak puluhan tahun silam tepatnya 1930.

Lewat grup musisi keroncong OK Terang Bulan yang dilanjutkan oleh OK Keluarga yang isinya merupakan keluarga Subarjo.

Pasar Keroncong Jadi Pintu Masuk Wisata Kotagede

Seiring berjalannya waktu hingga kini musik keroncong berkembang hingga muncul kolaborasi dan inovasi dari musisi keroncong untuk terus mengenalkan musik keroncong.

Halaman
12
Penulis: Wahyu Setiawan Nugroho
Editor: Ari Nugroho
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved