Kulon Progo

Warga Terdampak Proyek Jalur Kereta Bandara YIA Inginkan Program Relokasi

Tahap pengadaan lahan untuk pembangunan jalur rel kereta Bandara YIA mulai memasuki proses pendataan dan penaksiran nilai.

Warga Terdampak Proyek Jalur Kereta Bandara YIA Inginkan Program Relokasi
Tribun Jogja/Singgih Wahyu
Petugas appraisal tengah melakukan pendataan pada aset tanah dan bangunan milik warga Kaligintung yang akan terdampak pembangunan jalur kereta bandara YIA. 

TRIBUNJOGJA.COM, KULON PROGO - Tahap pengadaan lahan untuk pembangunan jalur rel kereta Bandara Internasional Yogyakarta (YIA) di Temon, Kulon Progo, mulai memasuki proses pendataan dan penaksiran nilai (appraisal).

Petugas terkait sudah turun di lapangan untuk mendata petak lahan dan bangunan yang terdampak proyek tersebut, Selasa (15/10/2019).

Ada tiga tim yang bergerak melakukan pendataan di tiga desa terdampak yakni di Desa Kaligintung, Kalidengen, dan Glagah.

Petugas appraisal didampingi tim dari Kementerian Perhubungan melakukan survey dan pendataan aset-aset tanah dan bangunan milik pemerintah desa maupun warga.

Grebek Pasar Isuzu Traga, Lebih Dekat ke Konsumen

Di Kaligintung, petugas pada hari itu mendata bangunan dan tanah milik warga maupun pemerintah desa setempat di sekitar Pasar Dondong wilayah Pedukuhan Siwates, sebelah barat Stasiun Kedundang.

"Ini sistemnya percepatan (pembangunan jalur kereta bandara) dan sebelumnya sudah ada sosialisasi kepada warga di desa. Appraisal mungkin akan berlangsung sampai 4 hari ke depan. Ada tiga tim turun di tiga desa," kata Kepala Desa Kaligintung, Harjono.

Ada sekitar 14 kepala keluarga (KK) di sekitar Pasar Dondong yang terkena pembebasan lahan.

Pasar berstatus milik desa tersebut juga rencananya bakal turut terdampak proyek tersebut.

Sedangkan total bidang tanah terdampak di Kaligintung sebanyak 148 bidang seluas sekitar 10 hektare dengan 12 petak tanah di antaranya terdapat bangunan rumah tinggal.

Menurut Harjono, tidak ada permasalahan krusial sejauh ini dalam proses pengadaan lahan untuk jalur rel kereta Bandara YIA tersebut.

Halaman
123
Penulis: ing
Editor: Gaya Lufityanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved