KPUD Bantul jadi Penyelenggara Pemilu 2019 Tersukses di DIY

Pemilu yang dilaksanakan pada 14 April lalu menjadikan Kabupaten Bantul sebagai Kabupaten tersukses di-DIY dalam penyelenggaraannya.

KPUD Bantul jadi Penyelenggara Pemilu 2019 Tersukses di DIY
Dokumentasi KPU Bantul
KPU Bantul melakukan pembukaan kotak untuk mengambil data pemilih yang ada di formulir A.DPK (Daftar Pemilih Khusus), Senin (8/7/2019). 

TRIBUNJOGJA.COM, BANTUL - Pemilu yang dilaksanakan pada 14 April lalu menjadikan Kabupaten Bantul sebagai Kabupaten tersukses di-DIY dalam penyelenggaraannya.

Hal ini dituturkan oleh Ketua KPUD Bantul, Didik Joko Nugroho, beberapa waktu yang lalu.

Menurut catatan dan hasil rekapitulasi yang sudah dilaksanakan saat pemilu Presiden dan Pemilu Legislatif 2019, partisipasi pemilih di Bantul menjadi partisipasi pemilih tertinggi se-DIY.

"Capaian untuk pemilu Presiden dan Wakil Presiden, Bantul mencatatkan partisipasi sebesar 87,9 persen," ujad Kepala KPUD Bantul.

Lanjutnya, sedangkan untuk pemilu Legislatif tercatat partisipasi pemilih sebanyak 91 persen dari total pemilih dalam daftar pemilih tetap di Bantul.

Kisah Ayu Irma Raharjani, Penjual Timus yang Sukses Menjadi Lulusan Terbaik IAIN Surakarta

Pos Militer AS di Kota Kobani Dapat Serangan dari Tentara Turki

Selain partisipasi pemilih tertinggi se-DIY, pengelolaan daftar pemilih tetap juga menjadi sebuah prestasi tersendiri.

Pada pemilu yang dilangsungkan 14 April lalu, tercatat ada sebanyak 707.009 pemilih yang tersebar di 17 Kecamatan, 75 Desa dan 3040 TPS di Bantul.

Menurut Kepala KPUD Bantul ini, DPT yang ada di Bantul menjadi DPT terbersih se-DIY.

"Jadi dalam penyelenggaraan pemilu kemarin, data-data kependudukan ganda maupun data masyarakat yang telah meninggal dunia sudah tidak tercantum di DPT yang sah. Itu semua berkat kerja sama yang sangat baik antar Pemerintah Kabupaten Bantul dengan KPUD Bantul," tuturnya.

Dengan capaian prestasi ini, KPU DIY pun memberikan apresiasi pada KPUD Bantul sebagai KPU dengan pengelolaan data pemilih terbersih se-DIY. (Tribunjogja I Andreas Desca)

Penulis: Andreas Desca
Editor: has
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved