Gunungkidul

DPRD Gunungkidul Wacanakan Buat SPBU Khusus untuk Nelayan

SPBU khusus nelayan rencananya akan dibuat di tiga titik dan solusi ini merupakan solusi jangka panjang.

DPRD Gunungkidul Wacanakan Buat SPBU Khusus untuk Nelayan
TRIBUNJOGJA.COM / Suluh Pamungkas
Berita Gunungkidul 

Laporan Reporter Tribun Jogja, Wisang Seto Pangaribowo

TRIBUNJOGJA.COM, GUNUNGKIDUL - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Gunungkidul wacanakan membangun Stasiun Pengisian Bahan Bakar khusus nelayan untuk mengatasi permasalahan sulitnya nelayan untuk mengakses Bahan Bakar Minyak (BBM) bersubsidi.

Menurut Ketua DPRD Gunungkidul Endah Subekti Kuntariningsih, SPBU khusus nelayan rencananya akan dibuat di tiga titik dan solusi ini merupakan solusi jangka panjang.

"Ketiga titik tersebut adalah, satu di Pantai Sadeng, titik kedua di Pantai Ngrenehan, nanti titik ketiga akan dimana akan kita proses lebih lanjut," katanya, Rabu (9/10/2019).

Grebek Pasar Isuzu Traga, Lebih Dekat ke Konsumen

Lanjut Endah, Selama sebelum ada SPBU khusus nelayan nantinya DPRD Gunungkidul akan berkoordinasi dengan Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi DIY dan kepala pelabuhan untuk membuat MoU antara nelayan dengan SPBU yang nantinya ditunjuk.

"Kalau tidak ada MoU nanti pihak kepolisian bisa menindak, bahwa peruntukan subsidi bukan untuk perikanan tetapi untuk darat," jelasnya.

Sebelumnya Sekretaris DPD HSNI, Gamal Asgar menyampaikan selama ini nelayan sudah meiliki izin untuk membeli BBM dalam jumlah banyak namun Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) sering menolak nelayan yang membeli BBM dengan jumlah banyak dengan menggunakan jeriken.

Sulit Akses BBM, Nelayan Mengadu ke DPRD Gunungkidul

"Ya kami seperti kriminil, harus membeli BBM dengan sembunyi-sembunyi. Padahal kami memiliki surat rekomendasi, tetapi tetap saja tidak dilayani," keluhnya.

Pihaknya menyampaikan kepada DPRD Gunungkidul agar dipermudah dalam membeli BBM terutama bagi nelayan yang telah mendapatkan izin.

Menurutnya SPBU tidak mau menjual BBM karena terikat pada ketentuan hukum. (TRIBUNJOGJA.COM

Penulis: Wisang Seto Pangaribowo
Editor: Gaya Lufityanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved