Internasional

Lagi, Korea Utara Luncurkan Dua Proyektil, Salah Satunya Jatuh di Dekat Kawasan ZEE Jepang

Lagi, Korea Utara Luncurkan Dua Proyektil, Salah Satunya Jatuh di Dekat Kawasan ZEE Jepang

Lagi, Korea Utara Luncurkan Dua Proyektil, Salah Satunya Jatuh di Dekat Kawasan ZEE Jepang
AFP PHOTO / HANDOUT / KCTV
Foto tangkapan layar yang diambil dari tayangan stasiun televisi Korea Utara, KCTV, pada 1 Agustus 2019, yang memperlihatkan siluet Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un sedang melihat peluncuran rudal balistik di lokasi yang tidak diketahui. 

TRIBUNJOGJA.COM - Ujicoba rudal terus dilakukan oleh Korea Utara.

Terbaru, Korea Utara meluncurkan proyektl ke arah laut setelah sebelumnya menyatakan siap untuk berunding dengan AS.

Kantor Kepala Staf Gabungan Korea Selatan (Korsel) menyatakan, "proyektil" itu ditembakkan dari Wonsan menuju ke Laut Timur (Laut Jepang).

"Militer kami bakal terus memantau peluncuran dan mempertahankan kesiapan kami," tegas Korsel dikutip kantor berita AFP Rabu (2/10/2019).

Juru bicara pemerintah Jepang Yoshihide Suga mengatakan, salah satu proyektil yang ditembakkan Korea Utara memasuki Zona Ekonomi Eksklusif (ZEE) mereka.

Kronologi Yusuf Tewas Dipatuk Ular, Keliru Memasukan Tangan ke Sarang Kobra di Tepi Sungai

"Sekitar pukul 07.10, dua proyektil ditembakkan dari kawasan pesisir timur Korut, dengan salah satunya jatuh dekat perairan ZEE kami," ucap Suga.

Kabar itu terjadi sehari setelah Wakil Menteri Luar Negeri Korut Choe Son Hui berujar Pyongyang sepakat untuk berdialog dengan AS.

Dia mengatakan dua negara setuju menggelar "kontak awal" pada Jumat (4/10/2019), dengan perundingan dihelat keesokan harinya.

Keterangan itu dibenarkan juru bicara Kementerian Luar Negeri AS Morgan Ortagus, di mana dia menuturkan dialog itu terjadi "pekan mendatang".

Negosiasi denuklirisasi Korea Utara dan AS buntu setelah pertemuan kedua Presiden Donald Trump dan Pemimpin Kim Jong Un di Vietnam Februari lalu.

Viral Medsos, Lora Fadil, Anggota DPR Asal Jatim Bawa Tiga Istri Saat Pelantikan, Terlihat Harmonis

Keduanya kemudian sepakat melanjutkan perundingan setelah bertemu di Panmunjom, Zona Demiliterisasi, pada akhir Juni lalu.

Tetapi, Korut marah karena Washington tidak menghentikan latihan perang dengan Korsel yang mereka anggap bentuk persiapan invasi.(*)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Korea Utara Tembakkan "Proyektil" Sehari Setelah Mengaku Siap Dialog dengan AS", .

Editor: has
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved