Kota Yogya

Taman Pintar Yogyakarta Gelar Pameran Batik Keraton dan Pakualaman

Pameran bertajuk Batik dalam Ruang dan Waktu akan menyuguhkan 17 koleksi batik milik Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat dan Kadipaten Pakualaman.

Taman Pintar Yogyakarta Gelar Pameran Batik Keraton dan Pakualaman
TRIBUNJOGJA.COM / Kurniatul Hidayah
Kepala Bidang Taman Pintar, Afia Rosdiana. 

Laporan Reporter Tribun Jogja, Kurniatul Hidayah

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Taman Pintar kembali menggelar pameran batik untuk kali kedua, Jumat (20/9/2019).

Pameran bertajuk Batik dalam Ruang dan Waktu akan menyuguhkan 17 koleksi batik yang dimiliki Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat dan Kadipaten Pakualaman.

Kepala Bidang Taman Pintar Afia Rosdiana mengatakan Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat memamerkan tujuh kain batik yang digunakan dalam prosesi mitoni atau selamatan tujuh bulanan kehamilan GKR Hayu atas anak pertamanya.

Meriahnya Hari Kedua Grebek Pasar Isuzu Traga di Pasar Suko Sewukan Magelang

"GKR Hayu menggunakan tujuh kain batik yang memiliki motif dan makna yang dalam. Seluruh motif tersebut dipilih dengan maksud agar anak yang dilahirkan kelak memiliki karakter, kepribadian, dan kedudukan yang baik," ujarnya, dalam Jumpa Pers di Dinas Komunikasi dan Persandian Kota Yogyakarta, Kamis (19/9/2019).

Koleksi batik yang ditampilkan Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat adalah Nogosari, Grompol, Sidoasih, Semen Romo, Sudomukti, Cakar Ayam, dan Babon Angrem.

"Kadipaten Pakualaman akan menampilkan koleksi Pepadan macapat. Seperti yang kita tahu Gusti Putri atau GBRAy Paku Alam sangat senang membatik. Beliau menuangkan naskah-naskah kuno ke dalam bentuk batik," imbuh Afi.

Afi menambahkan, batik Pepadan yang ditampilkan di antaranya adalah Maskumambang, Mijil, Sinom, Kinanthi, Asmarandana, Dhandhanggula, Durma, Pangkur, Megatruh, dan Pocung.

"Acara akan dibuka pada pukul 08.30 dengan menghadirkan GKR Bendara, Gusti Putri, Wakil Wali Kota Yogyakarta, dan Representative of UNESCO Regional Science Bureau for Asia and the Pacific," pungkas Afi.(TRIBUNJOGJA.COM)

Penulis: kur
Editor: Gaya Lufityanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved