Pendidikan

Guru Besar Fakultas Farmasi UAD Raih Juara Lomba Pencipta Mars Jurnal Ilmiah

Guru Besar Fakultas Farmasi Universitas Ahmad Dahlan (UAD) Yogyakarta Prof Dyah Aryani SSi MSi Apt berhasil meraih juara pertama pada lomba pencipta M

Guru Besar Fakultas Farmasi UAD Raih Juara Lomba Pencipta Mars Jurnal Ilmiah
TRIBUNJOGJA.COM / Noristera Pawestri
Guru Besar Fakultas Farmasi Universitas Ahmad Dahlan (UAD) Yogyakarta Prof Dyah Aryani SSi MSi Apt berhasil meraih juara pertama pada lomba pencipta Mars Jurnal Ilmiah yang diadakan oleh Kemenristekdikti RI beberapa waktu lalu. 

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Guru Besar Fakultas Farmasi Universitas Ahmad Dahlan (UAD) Yogyakarta Prof Dyah Aryani SSi MSi Apt berhasil meraih juara pertama pada lomba pencipta Mars Jurnal Ilmiah yang diadakan oleh Kemenristekdikti RI beberapa waktu lalu.

Mars Jurnal Ilmiah berjudul "Pena Berkarya" ciptaan Prof Dyah yang berdurasi dua menit ini telah berhasil menyisihkan 29 Mars Jurnal Ilmiah lainnya.

"Yang lolos seleksi administrasi ada 8 termasuk lagu saya. Kemudian vote, setelah itu hasil keluar yang dan diseleksi lagi oleh Kemenristekdikti untuk ditentukan pemenangnya lagu saya. Syair dalam lagu saya sangat masuk sekali di kehidupan yang diinginkan dalam membuat jurnal itu," ujarnya Selasa (17/9/2019).

2 Mahasiswa Teknik Industri UAD Kembali Ikuti Student Exchange ke Malaysia

Baginya, tujuan pembuatan mars tersebut adalah untuk menggiatkan kembali bahwa Jurnal Ilmiah adalah salah satu sarana untuk dosen terutama dalam penataan karier akademik dalam hal jabatan fungsional.

"Oleh karena itu agar jurnal ilmiah di Indonesia semakin berkualitas, maka diharapkan jurnal yang berkualitas berawal dari proposal penelitian, peneli dan penulisan ilmiah yang berkualitas," kata dia

Melihat Teleskop Terbesar Dunia yang Menangkap Sinyal Misterius ‘Alien’

Lanjutnya, dalam membuat proposal, meneliti dan menuliskan hasil penelitian yang berbentuk publikasi merupakan aktivitas dosen yang dilakukan secara rutin dalam rangka melaksanakan Tridharma Perguruan Tinggi.

Sehingga, kata dia, untuk menuangkan aktivitas rutin tersebut menjadi sebuah mars jurnal ilmiah tidak memerlukan waktu yang lama.

Kebiasannya menulis jurnal tentunya sangat membantu dirinya dalam menuangkan kata-kata menjadi sebuah lagu.

Ia mengaku hanya membutuhkan waktu kurang lebih dua jam untuk menciptakan mars jurnal ilmiah 'Pena Berkarya' tersebut.

Leghezo, Permainan Edukasi Kesehatan Karya Tim PKM-K UAD Raih Emas pada PIMNAS ke-32

Apalagi, sejak kecil Prof Dyah memang tidak pernah jauh dari dunia musik.

Hingga saat ini kata dia sudah ada lima lagu yang telah ia ciptakan untuk mengikuti cipta lagu baik di sekolah maupun di radio

Semasa SMP ia menciptakan lagu tentang persahabatan, kemudian ketika SMA menciptakan lagu tentang cinta.

"Kemudian lomba cipta radio tentang persahabatan, hymne Farmasi UAD Yogyakarta dan Mars Jurnal Ilmiah," jelasnya.(TRIBUNJOGJA.COM)

Penulis: Noristera Pawestri
Editor: Ari Nugroho
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved