Nasional

Civitas Akademika UII Tolak RUU KPK

Civitas Akademika Universitas Islam Indonesia (UII) menyatakan menolak segala bentuk upaya pelemahan terhadap KPK, termasuk menolak RUU KPK inisiatif

Civitas Akademika UII Tolak RUU KPK
TRIBUNJOGJA.COM / Noristera Pawestri
Civitas Akademika Universitas Islam Indonesia (UII) menyatakan menolak segala bentuk upaya pelemahan terhadap KPK, termasuk menolak RUU KPK inisiatif DPR. 

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Civitas Akademika Universitas Islam Indonesia (UII) menyatakan menolak segala bentuk upaya pelemahan terhadap KPK, termasuk menolak RUU KPK inisiatif DPR.

Selain itu, mereka juga mendesak DPR untuk membatalkan rencana melakukan revisi UU KPK karena dari aspek formil maupun materiilnya terlihat ada upaya pelemahan KPK.

"DPR, pasa akhir masa jabatannya, semestinya fokus untuk menyelesaikan agenda prolegnas yang telah dibuat dan disepakati," ujar Dekan Fakultas Hukum UII Abdul Jamil dalam pernyataan sikapnya di Kampus UII Jalan Cik Di Tiro pada Kamis (12/9/2019).

Penuhi Tuntutan Masa Depan, UII Dirikan Pusat Studi Artificial Intelligence dan Studi Bioinformatics

Mereka juga menuntut Presiden Jokowi menepati janjinya untuk melakukan penguatan KPK dalam rangka mewujudkan Indonesia bebas korupsi, kolusi dan nepotisme.

Jamil melanjutkan, apabila revisi UU KPK ini tetap dilaksanakan, ia akan menyerukan mosi tidak percaya kepada siapapun pihak yang terlibat dalam pengesahan RUU KPK tersebut.

UGM dan UII Kumpulkan Peneliti Asia-Eropa Membahas Dampak dan Kualitas Riset

"Siapapun yang mendukung, maka kami akan melakukan mosi tidak percaya, artinya apa, mosi tidak percaya akan kita gulirkan akan kami sebarkan kepada yang lain," katanya.

Sebab menurutnya, gerakan menyelamatkan KPK merupakan kepentingan bangsa.

"Korupsi musuh rakyat bersama, ketika UU disahkan maka UU ini melawan hati nurani rakyat," jelasnya.(TRIBUNJOGJA.COM)

Penulis: Noristera Pawestri
Editor: Ari Nugroho
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved