BJ Habibie Meninggal Dunia

BJ Habibie Meninggal, Pemerintah Tetapkan Hari Berkabung Nasional Hingga Sabtu Besok

Kami mengimbau masyarakat, juga kantor-kantor lembaga negara dan pemerintah baik di dalam dan luar negeri untuk mengibarkan bendera setengah tiang

BJ Habibie Meninggal, Pemerintah Tetapkan Hari Berkabung Nasional Hingga Sabtu Besok
KOMPAS/ALIF ICHWAN
Bacharuddin Jusuf Habibie 

BJ Habibie Meninggal, Pemerintah Tetapkan Hari Berkabung Nasional Hingga Sabtu Besok

TRIBUNJOGJA.COM - Bacharuddin Jusuf Habibie, Presiden ketiga RI meninggal dunia. Pria kelahiran Parepare, Sulawesi Selatan, 25 Juni 1936 itu meninggal akibat penyakit yang dideritanya.

Presiden ke-3 RI BJ Habibie wafat hari ini, Rabu (11/9/2019), pukul 18.05 di RSPAD Gatot Soebroto.

Pemerintah menyatakan berkabung nasional selama 3 hari, dimulai sejak hari ini hingga Sabtu (14/9/2019).

"Kami mengimbau masyarakat, juga kantor-kantor lembaga negara dan pemerintah baik di dalam dan luar negeri untuk mengibarkan bendera setengah tiang hingga 14 September," kata Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Rabu.

Menurut Pratikno, pemerintah sedang berkoordinasi untuk prosesi pemakaman BJ Habibie yang direncanakan akan berlangsung di Taman Makam Pahlawan Kalibata.

Presiden Joko Widodo menyampaikan bahwa jenazah Bacharuddin Jusuf Habibie akan segera disemayamkan di rumah duka, kawasan Kuningan, Jakarta Selatan.

"Nantinya dari Rumah Sakit Gatot Subroto ini, (jenazah) akan dibawa ke rumah duka di Kuningan," ujar Presiden Jokowi di RSPAD Gatot Subroto, Jakarta Pusat, Rabu (9/11/2019). Rumah duka tepatnya berada di Jalan Patra Kuningan XIII Kav 5, Kuningan, Setiabudi, Jakarta Selatan.

Diketahui, Habibie meninggal dunia pukul 18.05 WIB. Hingga pukul 07.07 WIB, jenazah masih berada di rumah sakit.

Secara terpisah, Menteri Sekretaris Negara Pratikno mengatakan, pihak Istana sudah berkoordinasi dengan Garnisun TNI untuk mengatur upacara pemakaman Presiden ke-3 RI tersebut secara kemiliteran.

Meski demikian, Pratikno belum dapat memastikan kapan tepatnya upacara pemakaman militer itu bakal digelar.

"Harap dimaklumi, karena keluarga masih dalam suasana sangat berduka. Malam ini akan ditentukan ya, upacara pemakaman besok pukul berapa," ujar Pratikno di Kompleks Istana Presiden Jakarta, Rabu malam.

Halaman
12
Editor: Rina Eviana
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved