Breaking News:

Makan Beton Ternyata Berkhasiat, Mengandung Nutrisi dan Antioksidan

Beberapa nutrisi pada biji nangka atau beton justru lebih banyak dibandingkan daging buahnya. Biji nangka juga diketahui mengandung antioksidan.

IST/BoldSky.com
Buah nangka dan bijinya atau beton 

TRIBUNJOGJA.COM - Manfaat nangka bagi kesehatan tidak terbatas pada daging buahnya yang mengandung vitamin, mineral, dan serat terbaik untuk tubuh.

Seratus gram buah nangka mengandung 157 kalori, 2,8 gram protein, 38 gram karbohidrat, 2,5 gram lemak, serta 1 gram lemak. Nangka juga mengandung berbagai macam vitamin dan mineral dalam jumlah yang bervariasi.

Tapi, tahukah Anda? Beberapa nutrisi pada biji nangka atau beton justru lebih banyak dibandingkan daging buahnya. Biji nangka bahkan juga diketahui memiliki kandungan antioksidan.

Beragam nutrisi inilah yang membuat biji nangka memiliki khasiat sebagai berikut:

1. Menurunkan kolesterol

Penelitian pada hewan menunjukkan bahwa biji nangka berpotensi menurunkan kolesterol LDL dan meningkatkan kolesterol HDL. LDL (low-density lipoprotein) adalah kolesterol ‘jahat’ yang menyebabkan penumpukan plak pada pembuluh darah.

Sementara itu, HDL (high-density lipoprotein) merupakan kolesterol ‘baik’ yang mampu mencegah pembentukan plak kolesterol. Mengonsumsi biji nangka akan memberikan manfaat besar bagi keseimbangan kadar kolesterol Anda.

2. Menjaga kesehatan pencernaan

Seratus gram biji nangka rebus mengandung serat sebanyak 1,5 gram. Tidak hanya itu, biji nangka juga mengandung banyak prebiotik. Prebiotik adalah senyawa yang meningkatkan pertumbuhan dan aktivitas bakteri baik pada saluran cerna.

Kandungan serat dan prebiotik pada biji nangka memiliki banyak manfaat bagi kesehatan pencernaan. Di antaranya melancarkan pencernaan, mencegah sembelit, serta menurunkan risiko kanker usus besar.

Halaman
12
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved