Pendidikan

Berikan Ruang Ekspresi Bagi Anak 'Gifted' Lewat Pameran 'Seni Membuka Imaji'

Hal ini penting untuk dilakukan karena anak gifted merupakan kelompok anak berisiko yang apabiia tidak tertangani dengan baik akan mengakibatkan under

Berikan Ruang Ekspresi Bagi Anak 'Gifted' Lewat Pameran 'Seni Membuka Imaji'
TRIBUNJOGJA.COM / Noristera Pawestri
Dalam rangka merayakan 'the International Day for the Gitfed' Pusat Studi Individu Berkebutuhan Khusus (PSIBK) Universitas Sanata Dharma menyelenggarakan pembukaan pameran 'Seni Membuka Imaji' dan bedah karya Anak Gifted pada Rabu (21/8/2019) 

TRIBUNJOGJA.COM, SLEMAN - Anak 'Gifted' tidak serta merta sama dengan jenius, juga bukan mengenai anak yang selalu rangking.

Istilah Gifted di Indonesia lebih dikenal dengan cerdas istimewa berbakat istimewa.

Dalam rangka merayakan 'the International Day for the Gitfed' Parents Support Group for Gifted Children (PSGGC) Jogja  dan Pusat Studi Individu Berkebutuhan Khusus (PSIBK) Universitas Sanata Dharma menyelenggarakan pembukaan pameran 'Seni Membuka Imaji' dan bedah karya Anak Gifted pada Rabu (21/8/2019).

Pameran karya Anak Gifted berlangsung pada 21 Agustus - 21 September 2019 di selasar Beringin Bung Hatta Kampus USD.

Ketua Panitia Acara Tyas Damayanti mengungkapkan pameran ini menampilkan 32 karya seni dari 10 Anak Gifted yang telah dikurasi.

"Pameran ini untuk memberikan ruang ekspresi bagi anak Gifted serta memberikan edukasi kepada masyarakat luas mengenai keunikan karya anak Gifted yang berbeda dari karya anak-anak seusianya," kata dia.

Sejak tahun 2015, PSGGC Jogja sebuah komunitas yang terdiri dari orangtua anak gifted dan pemerhati pengembangan anak gifted ini aktif menggelar berbagai event.

Upaya ini dilakukan sebagai sosialisasi dan edukasi tentang anak gifted baik berupa seminar, workshop, diskusi dan kegiatan lainnya.

Belajar Gamelan Jawa untuk Anak Berkebutuhan Khusus

"Namun masih diperlukan dukungan berbagai pihak serta edukasi lebih lanjut untuk menyuburkan kesadaran masyarakat mengenai giftedness," lanjutnya.

Lanjutnya, di Indonesia anak gifted hampir selalu diidentikkan dengan prestasi akademik yang tinggi.

Halaman
12
Penulis: Noristera Pawestri
Editor: Ari Nugroho
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved