Pendidikan

Garuda UNY Team Targetkan Bawa Pulang Trofi dalam Formula SAE Japan 2019

Setelah tahun sebelumnya berhasil meraih peringkat 18 dari 98 tim, tahun ini Garuda UNY Team optimis membawa pulang trofi.

Garuda UNY Team Targetkan Bawa Pulang Trofi dalam Formula SAE Japan 2019
istimewa
Rektor UNY saat me-launching mobil FG-19 UNY yang akan dilombakan dalam Formula SAE Japan pada 27-31 Agustus 2019 mendatang. 

TRIBUNJOGJA.COM - Garuda UNY Team, dengan mobilnya Formula Garuda 19 (FG-l9) akan kembali berlaga di Formula SAE Japan 2019 pada 27-31 Agustus 2019 di Ecopa (Ogasayama Sports Park) Stadium, Shizuoka, Japan.

Setelah tahun sebelumnya berhasil meraih peringkat 18 dari 98 tim, tahun ini Garuda UNY Team menargetkan peringkat 10 besar dari 98 tim dan optimis membawa pulang trofi.

Wayan Warsita, Jenderal Manager Formula Student Japan menerangkan, Formula SAE Japan sendiri merupakan perlombaan yang diselenggarakan oleh Society of Automotive Engineers International yang dikhususkan untuk melatih dan menguji kemampuan mahasiswa dalam mendesign dan membuat kendaraan balap tipe formula.

Uniknya Sego Penggel Khas Kebumen di Watoe Gajah

Ada beberapa kategori lomba dalam Formula SAE Japan yang secara keseluruhan dibagi menjadi dua, Static event dan Dynamic event.

Dalam static event dilaksanakan perlombaan Design Competition, Cost and Manufacturing Competition dan Sales Presentation Competition.

Untuk Dynamic Event yakni untuk menguji kemampuan mobil di berbagai kondisi track, dilaksanakan Acceleration competition, SkidPad Competition, Autocross Competition dan Endurance competition untuk menguji ketahanan mobil.

"Hasil kompetisi tahun lalu yang cukup memuaskan, dimana tim Garuda UNY meraih JAMA Chairman Awards, peringkat 1 dari tim seluruh indonesia, peringkat 21 dari 98 team di Jepang, dan peringkat 112 dari 621 team di seluruh dunia," ungkapnya melalui siaran resmi yang diterima Tribunjogja.com.

Mahasiswa UNY Ciptakan Cutle-Machine, Alat Pemotong dan Pembersih dalam Pengolahan Lele

Menurutnya, mobil FG-19 sendiri menggunakan mesin kapasitas 600 cc dengan new design intake plenum, dan Limitid Slip Diferential sebagai penggeraknya, mampu berakselerasi dari O-lOO km/jam hanya dalam waktu 4 detik.

Selain dalam tenaganya, F G-19 juga dilengkapi dengan Impact Attenuator, Adjustable Headrest dan 6 point Safety Belt yang mampu menjamin keselamatan driver selama berkendara.

"Dengan ergonomic seat, ergonomic stering position, dan dengan tampilan dasboard baru, memberikan kenyamanan driver dalam mengemudikan FG-19," terangnya

Rektor UNY, Sutrisna Wibawa menerangkan keikutsertaan Garuda Team UNY dalam Formula SAE Japan sendiri merupakan bagian dari inovasi UNY dalam bidang teknologi.

Rektor UNY Posting Cerita Tentang Keangkeran Rumah Dinasnya, Endingnya Tetap Bikin Ngakak

Dia berharap pada Formula SAE Japan tahun ini UNY mampu meningkatkan atau paling tidak mempertahankan prestasi.

"Setiap tahun ada inovasi baru berdasarkan tahun sebelumnya. Kita berharap prestasi itu akan meningkat. Untuk di Korea kemarin dapat semua, jadi dapat all the best, paling tidak bisa mempertahankan," terangnya.

Menurutnya, di UNY sendiri terdapat Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) yang terkhusus untuk menjaga keberlangsungan capaian inovasi yang diraih.

"UKM itu untuk menjaga keberlangsungan, sehingga tidak hanya lomba selesai. Setelah lomba evaluasi lagi terus ada produk baru sehingga terus berinovasi. Kita berikan semuanya untuk berinovasi di semua bidang, tidak hanya teknologi. Seni, olahraga dan yang lain sama kita dorong," ungkapnya. (*)

Penulis: Siti Umaiyah
Editor: Gaya Lufityanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved