Pendidikan

Mahasiswa UNY Ciptakan Cutle-Machine, Alat Pemotong dan Pembersih dalam Pengolahan Lele

Dengan menggunakan Cutle- Machine, mitra dapat memotong lele 5x lebih cepat daripada cara konvensional.

Mahasiswa UNY Ciptakan Cutle-Machine, Alat Pemotong dan Pembersih dalam Pengolahan Lele
istimewa
Mahasiswa UNY Ciptakan Cutle-Machine, Alat Pemotong dan Pembersih dalam Pengolahan Lele 

TRIBUNJOGJA.COM - Teknik pemotongan dan pembersihan ikan lele secara konvensional dengan pisau, dirasa kurang efektif karena memakan waktu yang lama.

Selain itu, tidak menutup kemungkinan tangan seringkali terluka akibat terkena patil yang ada pada lele.

Untuk itu, sekelompok mahasiswa Universitas Negeri Yogyakarta, yang terdiri dari Muhammad Faqihul Imam, Lilis Riyanti (Fisika), Hestiana (Pendidikan IPA) , Ardi Jati Nugroho Putro (Pendidikan Teknik Mesin), Yuda Aldeika (Pendidikan Teknik Elektro) dengan pembimbing Dyah Kurniawati Agustika, M Sc membuat terobosan yaitu dengan Cutter and Cleanser Catfish Machine (Cutle-Machine), yang dibuat dengan tujuan meningkatkan efisiensi pengolahan Ikan Lele, agar tidak membutuhkan waktu banyak.

Palette: Tips Merawat Wajah Saat Musim Panas

Sasaran pertama yang dibidik yakni produksi lele bernama “Lala Lele Sehat” milik Agung yang ada di Klaten, Jawa Tengah.

Muhammad Faqihul Imam, mengungkapkan budidaya lele memiliki prospek usaha yang luas untuk dikembangkan.

Sedangkan usaha Lala Lele Sehat yang dimiliki Agung sendiri masih menggunakan cara konvensional, yang mana di Lala Lele Sehat ada sembilan kolam dan setiap kolamnya menghasilkan kurang lebih 1 kwintal lele dalam tiap panennya.

"Untuk pemotongan dan pembersihan ikan lele masih secara konvensional dengan pisau. Untuk 50 kg ekor ikan lele dilakukan oleh 2 orang membutuhkan waktu sekitar 4 jam. Teknik tersebut kurang efektif karena perlu waktu lama," ungkapnya melalui siaran resmi yang diterima Tribunjogja.com.

Distan Kota Yogyakarta Pikirkan Lele Kaleng

Lilis Riyanti menerangkan, Cutle-Machine sendiri merupakan alat pemotong dan pembersih yang diterapkan untuk mempermudah pengelolahan ikan lele.

Dengan menggunakan Cutle- Machine, mitra dapat memotong lele 5x lebih cepat daripada cara konvensional.

Selain itu, tangan mitra juga lebih aman dari patil lele ataupun pisau saat memotong.

"Untuk memotong 100 ekor lele secara konvensional menggunakan pisau membutuhkan waktu selama 10 menit. Sedangkan setelah menggunakan alat ini waktu yang digunakan cukup hanya 2 menit saja," terangnya.

Selain itu untuk frekuensi terkena patil, yang secara konvensional terkena 13 kali, sedangkan yang menggunakan alat tanpa pernah terkena patil lele.

Lilis mengatakan Cutle- Machine sendiri merupakan alat yang baru di bidang perikanan yang memungkinkan untuk dikembangkan dan dikomersialisasikan. (*)

Penulis: Siti Umaiyah
Editor: Gaya Lufityanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved