Pemerintah Kota Yogyakarta Ajak Masyarakat Tertib Bayar PBB

Dari keseluruhan jumlah wajib pajak yang menunggak tersebut, rentan waktunya pun berbeda-beda mulai dari tahun 1994-2019.

Pemerintah Kota Yogyakarta Ajak Masyarakat Tertib Bayar PBB
Tribun Jogja/ Andreas Desca Budi Gunawan
Wakil Wali Kota Yogyakarta, Heroe Poerwadi, saat dijumpai di Balai Kota Yogyakarta, Kamis (15/8/2019) 

Laporan Reporter Tribun Jogja, Andreas Desca Budi Gunawan

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Pemerintah Kota (Pemkot) Yogyakarta mencatat banyaknya tunggakan wajib pajak yang tercatat jumlahnya mencapai 94.910 wajib pajak.

Dari keseluruhan jumlah wajib pajak yang menunggak tersebut, rentan waktunya pun berbeda-beda mulai dari tahun 1994-2019.

Satu di antaranya adalah tunggakan pembayaran Pajak Bumi dan Bangunan (PBB).

Total tunggakan PBB sampai saat ini mencapai Rp75.308.859.953 dan denda Rp27.818.914.381.

Demikian disampaikan Wakil Wali Kota Yogyakarta, Heroe Poerwadi, Kamis (15/8/2019).

"Pemerintah kota Yogyakarta mengambil kebijakan untuk menghapuskan denda dengan program Bulan Bebas Denda. Harapannya yang menunggak dapat melunasi kewajibannya untuk membayar pajak," katanya.

"Program ini kita laksanakan dari tanggal 1-31 Agustus, jadi jika bulan depan baru membayar dendanya akan muncul lagi," imbuhnya.

Selain itu, Heroe Poerwadi juga menuturkan bahwa sampai hari Kamis (15/8/2019) ini, sudah ada wajib pajak yang membayarkan kewajibannya.

"Sampai saat ini (Kamis), sudah ada sekitar 3.724 wajib pajak yang ikut serta dalam program Bulan Bebas Denda ini. Total pembayaran tunggakan yang masuk Rp962.245.633," tegasnya.

Dalam kesempatan ini Heroe Poerwadi juga menekankan agar masyarakat aktif dan tertib dalam membayar pajak.

"Dengan adanya program ini, kita harapkan masyarakat semakin aktif dan tertib dalam membayar pajak. Kalau tidak, nanti akan semakin menumpuk dan menjadi beban," tuturnya.

"Denda pajak itu lumayan besar, yakni 2 persen dari total yang harus dibayarkan dan maksimal selama 2 tahun, jadi totalnya 48 persen," imbuhnya. (*)

Penulis: Andreas Desca
Editor: ton
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved