Gunungkidul

Revalidasi Geopark Gunungsewu Temukan Pengelolaan Geosite Belum Perhatikan Konservasinya

Masih ditemukan beberapa geosite yang dijadikan kawasan wisata belum memperhatikan konservasi di geosite tersebut.

Revalidasi Geopark Gunungsewu Temukan Pengelolaan Geosite Belum Perhatikan Konservasinya
TRIBUNJOGJA.COM / Suluh Pamungkas
Berita Gunungkidul 

Laporan Reporter Tribun Jogja, Wisang Seto Pangaribowo

TRIBUNJOGJA.COM, GUNUNGKIDUL - Saat proses revalidasi geopark Gunungsewu oleh assesor UNESCO, masih ditemukan beberapa geosite yang dijadikan kawasan wisata belum memperhatikan konservasi di geosite tersebut.

General Manajer Geopark Gunungsewu, Budi Martono mencontohkan satu diantara geosite yang masih kurang berkonsentrasi dalam konservasi adalah Gua Pindul karena pengelolaan belum memperhatikan konservasinya.

"Geotourism adalah konsep wisata dengan cara menjual pemandangan bentang alam dan harus hati-hati dalam konservasinya, contoh Gua pindul, pindul itu sebenarnya bukan geotourism di geopark tetapi kita akan melakukan pendekatan kalau kasus pindul seperti itu diteruskan nantinya akan rusak," katanya saat ditemui Tribunjogja.com di Bangsal Sewokoprojo, Kamis (25/7/2019).

Hati-hati, 5 Kebiasaan Ini Bisa Merusak Kulit Wajah

Lanjut Budi, dirinya mencontohkan kawasan geosite yang telah memperhatkan konservasi adalah Kali Suci karena pengelola telah membatasi jumlah wisatawan yang masuk.

"Konsep geopark tidak berhenti sampai disini pariwisata yang dikelalola harus memperhatikan konservasinya, pengelolaan sampah, dan pemberdayaan masyarakatnya," ucapnya.

"Tetapi saya yakin pengelola Gua pindul bisa melakukan konservasi, karena jika sampai rusak pasti mereka kehilangan wisatawan," imbuhnya.

Walaupun masih belum sempurna dalam pengelolaan geopark dirinya yakin Geopark Gunungsewu masih akan mengantongi Green Card dari UNESCO, walaupun dengan beberapa catatan.

"Beberapa catatan tersebut seperti masih kurangnya promosi berupa booklet di pusat informasi Ngingrong, lalu di sekolah-sekolah dan rumah makan. Hal tersebut masalah kecil namun itu adalah bentuk sosialisasi," katanya.

Tim Acessor Unesco Puji Pengembangan Geopark Gunungsewu

Dirinya akan memberikan rekomendasi kepada Bupati Gunungkidul untuk segera ditindak lanjuti oleh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait.

Halaman
12
Penulis: Wisang Seto Pangaribowo
Editor: Gaya Lufityanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved