Pendidikan

Mahasiswa UGM Sulap Limbah Plastik Jadi Bahan Bakar

Alat yang diberi nama AL-Production ini berupa furnace atau pemanas yang mampu mengubah sampah anorganik seperti plastik menjadi bahan bakar.

Mahasiswa UGM Sulap Limbah Plastik Jadi Bahan Bakar
TRIBUNJOGJA.COM / Siti Umaiyah
Affan saat mempraktekkan alat yang dikembangkan pada Rabu (31/7/2019) di Gedung Pusat UGM 

TRIBUNJOGJA.COM - Melihat banyaknya limbah plastik yang sulit terurai dan mahalnya harga minyak, Yanditya Affan Almada dari D3 Teknik Mesin Sekolah Vokasi UGM, tergerak untuk mengembangkan alat yang mampu mengubah limbah anorganik menjadi bahan bakar, berupa bio oil dan biogas.

Alat yang diberi nama AL-Production ini berupa furnace atau pemanas yang mampu mengubah sampah anorganik seperti plastik menjadi bahan bakar melaui proses pirolisis. 

Mengenai pengembangan sendiri sudah dimulai sejak tahun 2015, saat Affan masih duduk di SMA 1 Jetis, Bantul.

Hati-hati, 5 Kebiasaan Ini Bisa Merusak Kulit Wajah

"Alat ini sendiri menggunakan mekanisme pirolisis yaitu proses memanaskan plastik tanpa oksigen dalam temperatur tertentu serta teknik destilasi," terangnya saat konferensi pers di Gedung Pusat UGM pada Rabu (31/7/2019).

Dia menerangkan jika peralatan yang dikembangkan berupa pipa yang terhubung dengan tabung kedap udara bertekanan tinggi berbahan stainless steel.

Awalnya alat ini dikembangkan dengan memakai sumber energi api sebagai pemanasnya.

Namun karena hasilnya kurang bagus lantaran suhu yang dihasilkan tidak bisa dikontrol dan tidak menentu, maka diganti dengan menggunakan aliran listrik.

"Sebenarnya bisa menggunakan solar, namun lebih mahal. Maka solusi pertama pakai listrik agar hasilnya juga optimal," ungkapnya.

Dari informasi yang dihimpun Tribunjogja.com, mengenai cara kerja alat dimulai dengan memasukan sampah plastik ke dalam tabung vakum.

Baby Melon Hikapel, Melon Berukuran Segenggam Tangan Inovasi Guru Besar UGM

Berikutnya tabung dipanaskan hingga mencapai 450-550 derajat Celcius.

Halaman
12
Penulis: Siti Umaiyah
Editor: Gaya Lufityanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved