Kota Yogya

Tekan Produksi Sampah, Pemkot Yogya Deklarasikan 200 Bank Sampah Sekolah

Perwakilan siswa SD hingga SMAberkomitmen mengelola sampah di sekolah demgan cara memilih, memilah, dan menabung sampah melalui bank sampah sekolah.

Tekan Produksi Sampah, Pemkot Yogya Deklarasikan 200 Bank Sampah Sekolah
TRIBUNJOGJA.COM / Kurniatul Hidayah
Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Yogyakarta Suyana bersama siswa SD hingga SMA di Kota Yogyakarta dalam Peringatan Hari Lingkungan Hidup, di Taman Bakung, Selasa (30/7/2019). 

Laporan Reporter Tribun Jogja, Kurniatul Hidayah

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Pemerintah Kota Yogyakarta menggelar puncak peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia Kota Yogyakarta di Ruang Terbuka Hijau Publik (RTHP) Taman Bakung RW 8 Baciro Gondokusuman, Kota Yogyakarta, Selasa (30/7/2019).

Pada kesempatan tersebut, perwakilan siswa mulai dari jenjang SD hingga SMA mendeklarasikan 200 bank sampah sekolah.

Mereka berkomitmen mengelola sampah di sekolah demgan cara memilih, memilah, dan menabung sampah melalui bank sampah sekolah.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Yogyakarta, Suyana menjelaskan bahwa sesuai dengan rencana strategis daerah, pengurangan sampah pada 2020 adalah 30 persen.

Hati-hati, 5 Kebiasaan Ini Bisa Merusak Kulit Wajah

Selain mengaktifkan bank sampah, berbagai upaya juga telah dilakukan.

"Kami juga akan melaunching SE Pengurangan Sampah Plastik di OPD. Kami berharap setelah SE ditandatangani tidak hanya dibagikan, kalau itu tidak ada progress. Inginnya dilaunching di rapat dinas dengan penjelasan-penjelasan," ujarnya pada Tribunjogja.com.

Tak hanya kepada OPD, Suyana juga telah memastikan mitra Gandeng Gendong yang biasa menyediakan keperluan makan minum di lingkungan Balai Kota Yogya untuk tidak lagi memberikan minuman dalam kemasan.

Solusinya mereka membawa minum dalam termos atau tempat minum jumbo sebagai pengganti minuman kemasan.

"Kesulitannya selama ini minumnya bagaimana. Ternyata mereka mau mengantar snack ke kita lalu minumnya dalam jumbo," urainya.

Pemkot Yogya Gandeng Korporasi untuk Mewujudkan Kota Layak Anak

Halaman
12
Penulis: kur
Editor: Gaya Lufityanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved