Aktifitas Gunung Merapi

Gunung Merapi Catat Dua Kali Gempa Guguran Sejak Dini Hari

Dari laporan terlihat gunung yang membatasi dua provinsi ini mengeluarkan aktivitas kegempaan guguran sebanyak dua kali

Gunung Merapi Catat Dua Kali Gempa Guguran Sejak Dini Hari
BPPTKG
Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) menyebut Gunung Merapi masih dalam status waspada Level 2, Minggu (14/4/2019). 

TRIBUNJOGJA.COM - Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) merilis laporan pengamatan aktivitas Gunung Merapi pada Kamis (18/7/2019).

Periode pengamatan mulai pukul 00.00 WIB hingga 06.00 WIB.

Dari laporan terlihat gunung yang membatasi dua provinsi ini mengeluarkan aktivitas kegempaan guguran sebanyak dua kali. Dengan amplitudo 6-52 mm dan berdurasi 32 hingga 49.2 detik.

Untuk cuaca di sekitar puncak Merapi terlihat Cuaca berawan dan mendung.

Angin dilaporkan bertiup lemah ke arah barat daya. Dengan suhu udara mulai 12 hingga 17.6 derajat celcius, kelembaban udara antara 65 hingga 90 persen dan tekanan udara 567.7 hingga 708 mmHg.

Sementara secara visual puncak Merapi tampak jelas, dengan intensitas kabut mulai 0-I, kabut 0-II, hingga kabut 0-III. Asap kawah juga teramati berwarna putih dengan intensitas tipis serta tinggi 10 meter di atas puncak kawah.

Gunung Merapi hingga saat ini masih ditetapkan dalam status Waspada atau Level II sejak 21 Mei 2018 lalu.

BPPTKG juga merekomendasikan untuk mengkosongkan area dalam radius 3 km dari puncak Gunung Merapi dan tidak ada aktivitas manusia.

Untuk beraktivitas seperti biasa, BPPTKG merekomendasikan untuk dilakukan di luar radius 3 km dari puncak Merapi. (Tribunjogja I wahyu Setiawan Nugorho)

Penulis: Wahyu Setiawan Nugroho
Editor: has
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved