Pendidikan

Siswa SMKN 2 Yogyakarta Belajar Wiru Jarik di Kegiatan MPLS

Kemudian para siswa mempraktikkan secara langsung mulai dari mewiru jarik hingga mengenakan busana gagrak mulai dari blangkon hingga selop.

Siswa SMKN 2 Yogyakarta Belajar Wiru Jarik di Kegiatan MPLS
istimewa
Para siswa SMKN 2 Yogyakarta belajar wiru jarik saat pelaksanaan MPLS di sekolah

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Ratusan siswa baru mengikuti kegiatan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah Peserta Didik Baru (MPLS PDB) di SMKN 2 Yogyakarta pada Rabu (17/7/2019)

Waka Humas SMKN 2 Yogyakarta, Sumadi mengatakan, kegiatan MPLS yang telah berlangsung sejak Senin (15/7/2019) kemarin diisi dengan berbagai kegiatan seperti sosialisasi, paparan mengenai tata tertib sekolah kurikulum sekolah, organisasi sekolah, jelajah kampus dan bakti lingkungan.

Selain itu, MPLS kali ini juga memberikan materi tata cara penggunaan busana Gagrak Yogyakarta yang baik dan benar kepada siswa.

Unik, Hari Terakhir MPLS di SMKN 1 Pundong Bantul Ditutup dengan Nuansa Budaya

Pada kesempatan ini, setiap siswa diminta untuk membawa jarik.

Kemudian para siswa mempraktikkan secara langsung mulai dari mewiru jarik hingga mengenakan busana gagrak mulai dari blangkon hingga selop.

"Anak-anak setiap Kamis Pahing menggunakan Gagrak Yogyakarta, maka kami melatih mereka mewiru secara mandiri. Kegiatan ini juga untuk melestarikan budaya. Jadi mereka memakai jarik itu bukan beli yang sudah langsung jadi ada wiru nya, tapi mereka wiru sendiri," ujarnya.

Karnaval Jarik Meriahkan Jalan Santai HUT ke-68 Pemkot Yogyakarta

Ia mengatakan, selain kegiatan MPLS, sekolah juga akan menyelenggarakan Masa Penguatan Karakter Peserta Didik Baru (MPK PPDB).

Kegiatan tersebut berupa materi kedisiplinan, baris berbaris dan kepemimpinan yang berlangsung. selama satu minggu.

"Diharapkan dengan adanya MPLS PDB dan MPK PDB dapat membentuk karakter peserta didik baru yang sesuai dengan visi misi SMKN 2 Yogyakarta," tuturnya kepada Tribunjogja.com.(TRIBUNJOGJA.COM)

Penulis: Noristera Pawestri
Editor: Ari Nugroho
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved