ADVERTORIAL

Sistem PJJ Jadi Alternatif Pembelajaran di Era 4.0

Di era industri 4.0, Perguruan Tinggi bukan hanya sekedar menghasilkan mahasiswa yang siap bersaing saja, tapi juga proses pembelajaran juga harus me

Sistem PJJ Jadi Alternatif Pembelajaran di Era 4.0
TRIBUNJOGJA.COM / Siti Umaiyah
Uwes Anis Chaeruman, Direktorat Pembelajaran Kemenristek Dikti saat mengisi seminar yang diselenggarakan oleh Amikom bekerjasama dengan Aptikom di Hotel Grand Keisha pada Selasa (16/7/2019). 

TRIBUNJOGJA.COM - Di Era Industri 4.0 seperti saat ini, tidak bisa terlepas dari penggunaan teknologi informasi dan komunikasi dalam kehidupan sehari-hari.

Begitu pula di lingkungan perkuliahan.

Satu dari beberapa cara memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi di Perguruan Tinggi diantaranya dengan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) dengan mengoptimalkan Kuliah During maupun E-learning.

Untuk itu, Universitas Amikom Yogyakarta bekerjasama dengan Aptikom (Asosiasi Pendidikan Tinggi Informatika dan Komputer) menyelenggarakan seminar dan workshop untuk mengoptimalkan Kuliah Daring serta pemanfaatan E-learning pada Perguruan Tinggi Negeri dan Swasta dalam Kerangka Sistem PJJ di Hotel Grand Keisha pada Selasa (16/7/2019).

Lemari Lila Padukan Kain Batik dan Desain Kasual

Uwes Anis Chaeruman, Direktorat Pembelajaran Kemenristek Dikti yang menjadi pembicara dalam kegiatan ini menyampaikan, di era industri 4.0, Perguruan Tinggi bukan hanya sekedar menghasilkan mahasiswa yang siap bersaing saja, tapi juga proses pembelajaran juga harus mencerminkan pembelajaran di era 4.0.

Menurutnya, dengan adanya teknologi yang luar biasa seperti saat ini dan dari sisi mahasiswa sudah familiar dengan hal tersebut itu, kampus juga harus bisa menangkap hal tersebut dan bisa memanfaatkan teknologi.

"Sekarang itu mau tidak mau, ICT adalah suatu keniscayaan. Sehingga kalau kita tidak menerapkan ICT dalam pembelajaran maka akan tergilas oleh distruption technology," terangnya pada Tribunjogja.com.

Uwes menerangkan, pihaknya sangat menyambut baik inisiatif dari Aptikom serta berbagai Perguruan Tinggi yang bergabung dalam Aptikom, termasuk diantaranya Amikom untuk bisa menjalankan PJJ.

Amikom Business Park Menjadi Tuan Rumah ASEAN Digital Innovation Programme

"E-learning, atau Kuliah During bisa dijadikan sebagai wahana kredit transfer, dimana mata kuliah itu bukan hanya diikuti mahasiswa dari AMIKOM, tapi juga mahasiswa lain dari kelompok Aptikom, semisal Universitas Telkom, sehingga dia bisa memperoleh kredit dan mengalihkan kreditnya ke Perguruan Tinggi lain," ungkapnya.

Menurutnya, jika hal tersebut bisa berjalan, maka akan menjadi model dan bisa diikuti oleh Perguruan-perguruan lain dalam kelompok rumpun program studi yang berbeda.

Halaman
12
Penulis: Siti Umaiyah
Editor: Gaya Lufityanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved