Gunungkidul

Disdukcapil Gunungkidul Kehabisan Blangko E-KTP

Blangko habis sejak bulan Mei lalu, sehingga membuat Disdukcapil mengeluarkan suket sebanyak 3.616 lembar.

Disdukcapil Gunungkidul Kehabisan Blangko E-KTP
Ist
Ilustrasi KTP 

Laporan Reporter Tribun Jogja, Wisang Seto Pangaribowo

TRIBUNJOGJA.COM, GUNUNGKIDUL - Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Gunungkidul mengalami kehabisan blangko E-KTP.

Masyarakat yang akan telah melakukan perekaman EKTP belum bisa mendapatkan EKTPnya dan digantikan dengan Surat Keterangan (Suket).

"Saat ini kami kendala dalam pencetakan EKTP karena kehabisan blangko tetapi selama blangk habis masyarakat mendapatkan suket yang fungsinya sama dengan EKTP," ucap Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Gunungkidul, Markus Tri Munarja pada Tribunjogja.com, Rabu (16/7/2019).

Lemari Lila Padukan Kain Batik dan Desain Kasual

Markus mengatakan, blangko habis sejak bulan Mei lalu, sehingga membuat Disdukcapil mengeluarkan suket sebanyak 3.616 lembar.

"Blangko habis tidak hanya di Gunungkidul saja tetapi blangko e-KTP habis secara merata di kota maupun kabupaten di DIY," katanya.

Pihaknya mengakui tidak dapat berbuat banyak karena masalah pengadaan blangko e-KTP merupakan kewenangan pemerintah pusat.

"Pihak kabupaten tidak memiliki kewenangan untuk pengadaan sendiri, karena pengadaan blangko merupakan kewenangan pemerintah pusat," ucapnya.

Disdukcapil Gunungkidul telah berusaha meminta bantuan blangko tambahan melalui pemerintah Provinsi DIY.

Hari Pertama PLS di Gunungkidul, Disdikpora Klaim Tidak Ada Perpeloncoan

Akan tetapi penambahan tersebut belum berpengaruh banyak.

"Dua minggu sekali kami provinsi meminta ke kementrian tetapi Gunungkidul hanya dijatah sebanyak 500 keping. Jumlah 500 belum mencukupi karena tiap hari perekaman terus bertambah," katanya.

Kepala Seksi Pengolahan dan Penyajian Data Kependudukan, Disdukapil Gunungkidul, Anton Wibowo memaparkan, perekaman e-KTP sudah mencapai lebih dari 98 persen.

Dirinya menjelaskan dari data Disdukcapil yang wajib melakukan perekaman e-KTP di Gunungkidul sebanyak 599.789.

Sedangkan yang telah melakukan perekaman e-KTP doi Gunungkidul sebanyak 597.490.

“Proses akan terus berjalan dan layanan perekaman terus tersedia untuk masyarakat, kami terus melakukan jemput bola ke masyarakat terakhir kami jemput bola di Kecamatan Gedangsari,” pungkasnya.(*)

Penulis: Wisang Seto Pangaribowo
Editor: Gaya Lufityanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved