Yogyakarta

Sah! Rudianto Aschari Jabat Ketua Umum KAI DPD DIY, Segera Buka Posko di Kecamatan

Rudianto Aschari resmi menjadi Ketua Umum Kongres Advokat Indonesia (KAI) DPD DIY.

Sah! Rudianto Aschari Jabat Ketua Umum KAI DPD DIY, Segera Buka Posko di Kecamatan
TRIBUNJOGJA.COM / Wahyu Setiawan
Ketua Umum DPD KAI DIY terpilih periode 2019-2024, Rudianto Aschari (kiri) dan Wakil Ketua Umum Hamza Akhlis Mukhidin (kanan) bersalaman usai Musda DPD KAI DIY di Hotel Grand Sarilla Yogyakarta, Sabtu (13/7/2019). 

TRIBUNJOGJA.COM, SLEMAN - Rudianto Aschari resmi menjadi Ketua Umum Kongres Advokat Indonesia (KAI) DPD DIY setelah musyawarah daerah yang diselenggarakan di Hotel Grand Sarilla Yogyakarta, Sabtu (13/7/2019).

Dalam Musda yang dihadiri oleh puluhan anggota serta Dewan Kehormatan KAI Ramdlon Naning SH MH, serta sesepuh Amin Zakaria SH, SE, M Si CII, Rudianto terpilih secara aklamasi dan mengemban tanggung jawab sebagai Ketua Umum DPD KAI DIY periode 2019 hingga 2024.

Untuk tugas dan tanggung jawabnya, ia ditemani oleh beberapa jajaran pengurus harian lainnya.

Mereka adalah Hamza Akhlis Mukhidin S Sn, SH, MH selaku Wakil Ketua, Andika AFS SH selaku sekretaris dan Bendahara Rinna Mushitoh SH.

Lemari Lila Padukan Kain Batik dan Desain Kasual

Ditemui Tribunjogja.com usai pelantikan, Rudianto bertekad menyegerakan program Peduli Masyarakat Desa.

Upaya tersebut, diantaranya akan diawali dengan penyiapan atau pendirian posko bantuan hukum di kecamatan, sebagai pintu awal untuk pemberdayaan masyarakat desa dalam bidang hukum.

Langkah ini sebagai bentuk tanggungjawab besar yang harus dijalankan sebaik-baiknya oleh dirinya dan pengurus lain.

Terutama program kerja untuk mendorong pemberdayaan hukum bagi masyarakat desa.

"Tentu saya sangat membutuhkan dukungan semua pihak. Bukan hanya kawan-kawan di organisasi, tapi juga seluruh elemen masyarakat dan pemerintah. Upaya untuk meningkatkan pemahaman hukum masyarakat khususnya di desa ini menjadi tanggungjawab kita semua," katanya.

Vice President Kongres Advokat Indonesia Sebut Masyarakat Desa Rawan Termarjinalkan Hukum

Terpisah, Vice President KAI Aprillia Supaliyanto SH CI.A, CII mengucapkan selamat atas terpilihnya Rudianto menjadi Ketua Umum, kepada KAI DIY, ia berharap roda organisasi dapat berjalan dengan lebih baik.

Ia juga menekankan agar organisasi dapat memberikan respon yang baik terhadap dinamika hukum yang berkembang di masyarakat.

KAI DIY saat ini dinilai sebagai kiblat berorganisasi, diharapkan dapat memberikan kontribusi bukan hanya dalam perspektif organisasi, tapi juga dalam hal penegakan hukum di masyarakat, tanpa diskriminatif.

"Bagaimana kawan-kawan bisa ikut memberikan perhatian nyata dan serius terhadap penyelesaian berbagai kasus hokum di masyarakat, menjadi hal yang sangat penting. Menyelesaikan bukan berarti menunggu kasus hokum muncul. Bisa juga dan lebih baik misalnya dengan mengantisipasi jangan sampai kasus hokum itu muncul di masyarakat. Misalnya melalui penyuluhan, sosialisasi dan sebagainya," tuturnya. (*)

Penulis: Wahyu Setiawan Nugroho
Editor: Gaya Lufityanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved