Pagofobia, Rasa Takut Berlebihan saat Melihat Es Krim dan Sesuatu yang Dingin

Istilah pagophobia berasal dari bahasa Yunani Kuno, yaitu “pago” yang berarti es dan “phobos” yang berarti ketakutan (fobia).

Pagofobia, Rasa Takut Berlebihan saat Melihat Es Krim dan Sesuatu yang Dingin
IST/Shutterstock
Ilustrasi es krim 

TRIBUNJOGJA.COM - Pagophobia atau pagofobia merupakan ketakutan akan es atau segala sesuatu yang dingin atau beku. Istilah pagophobia berasal dari bahasa Yunani Kuno, yaitu “pago” yang berarti es dan “phobos” yang berarti ketakutan (fobia).

Fobia es ini masih berkaitan dengan ketakutan akan tempat dingin, makanan/minuman dingin, cuaca dingin, suhu dingin, takut kedinginan, takut salju, dan takut membeku.

Penyebab pagophobia?

Sama seperti fobia pada umumnya, tidak ada penyebab pasti yang dapat menjelaskan mengapa seseorang bisa sangat takut terhadap es atau suhu dingin.

Namun, ada beberapa faktor yang bisa memengaruhi pagophobia, seperti faktor genetik, lingkungan, serta trauma psikologis yang pernah dialami di masa lalu.

Mungkin orang tersebut sudah sangat terbiasa tinggal di tempat beriklim tropis, sehingga mengalami syok mental berat ketika harus pindah dan menetap di daerah beriklim sangat dingin.

Mungkin orang dengan pagophobia pernah tergelincir di permukaan es yang licin dan mengalami luka berat karenanya, atau mereka pernah terjebak di situasi dingin ekstrem yang menyebabkan mereka sampai mengalami hipotermia dan frostbite.

Fobia dingin juga dapat terjadi setelah seseorang mengalami trauma pada otak.

Apapun penyebabnya, seseorang dengan pagophobia akan merasa cemas dan emosional apabila terpapar dengan kondisi dingin.

Fobia bukan alergi dingin

Halaman
123
Editor: iwanoganapriansyah
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved