Hasto Wardoyo Jadi Kepala BKKBN, Sutedjo Mulai Hari Ini Bertugas Sebagai Plt Bupati Kulon Progo

Menteri Kesehatan RI, Nila Moeloek resmi melantik Kepala Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Dr. Hasto Wardoyo

Hasto Wardoyo Jadi Kepala BKKBN, Sutedjo Mulai Hari Ini Bertugas Sebagai Plt Bupati Kulon Progo
Twitter @KemenkesRI
Menteri Kesehatan RI, @NilaMoeloek melantik Kepala Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional Dr. Hasto Wardoyo, SP. OG.(K) pada Senin (1/7) di Jakarta. 

TRIBUNJOGJA.com, JAKARTA - Menteri Kesehatan RI, Nila Moeloek resmi melantik Kepala Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional Dr. Hasto Wardoyo, SP. OG.(K) pada Senin (1/7/2019) di Jakarta.

Dengan demikian, Wakil Bupati Sutedjo akan menjabat Pelaksana Tugas Bupati Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) untuk mengisi jawabatan yang ditinggalkan Hasto.

Berikutnya, Sutedjo menjalankan tugas harian bupati sejak Selasa (2/7/2019).

"Wakil bupati menjalankan tugas harian bupati," kata Sekretaris Daerah Kulon Progo, Astungkara, dalam keterangan persnya, Senin (1/7/2019).

Astungkara mengatakan, Hasto mengundurkan diri sejak mengemban jabatan baru.

Berdasar Pasal 87 dan 88 UU Nomor 23 tahun 2014 tentang Pemerintah Daerah, wakil bupati menggantikan posisi bupati sampai ditetapkanya bupati tetap.

Video Rektor UNY Nyanyi Hip Hop saat Acara Wisuda jadi Viral di Medsos

Sepanjang penantian itu, berlangsung proses surat keputusan pemeberhentian atas pengunduran sang bupati hingga penetapan Plt Bupati menjadi Bupati.

Proses itu berlangsung pada tingkat DPRD Kulon Progo, Gubernur DIY, hingga Mendagri.

"Maka kemudian (selanjutnya untuk posisi) wabup, KPU akan mengirim ke DPRD agar partai pengusung mengusulkan 2 calon (wakil bupati baru)," kata Astungkara sebagaimana dilansir kompas.

Astungkara juga memastikan bahwa program Hasto-Sutedjo tetap akan berjalan ketika Sutedjo menjabat sebagai bupati di sisa jabatan hingga 2022. (*)

Editor: Mona Kriesdinar
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved