Regional

Warga Jombang Temukan Struktur Bata Kuno yang Diduga Peninggalan Zaman Majapahit

Warga Jombang Temukan Struktur Bata Kuno yang Diduga Peninggalan Zaman Majapahit

Warga Jombang Temukan Struktur Bata Kuno yang Diduga Peninggalan Zaman Majapahit
KOMPAS.COM/MOH. SYAFIƍ
Suhudi, Perangkat Desa Bulorejo, menunjukkan bata kuno yang diduga sebagai benda cagar budaya yang ditemukan di bekas lokasi galian, di Dusun Kedaton, Desa Bulorejo, Kecamatan Diwek, Kabupaten Jombang, Jawa Timur, Jum'at (28/6/2019). 

TRIBUNJOGJA.COM - Warga Jombang, tepatnya di Dusun Kedaton, Desa Bulurejo, Kecamatan Diwek, Kabupaten Jombang dihebohkan dengan penemuan struktur bata kuno yang diduga peninggalan zaman Majapahit.

Struktur bata kuno tersebut ditemukan oleh penggali tanah beberapa waktu yang lalu.

Ukuran bata kuno yang ditemukan tersebut berbeda dengan bata yang diproduksi oleh warga sekitar.

Bahkan ukurannya bisa empat kali lipat dari ukuran bata yang diproduksi oleh warga saat ini.

Selain menemukan bata kuno, para petambang juga menemukan serpihan bekas tengkorak manusia.

"Sebenarnya (ditemukan) sudah lama, berapa bulan ya, lupa. Waktu itu kami minta kepada warga agar jangan diapa-apakan dulu, nunggu pihak berwenang," ujar Ainul Rofik, perangkat Desa Bulorejo, saat ditemui di lokasi penemuan situs, Jumat (28/6/2019).

Ditemukan Reruntuhan Diduga Bekas Rumah Era Kerajaan Majapahit

Menurut Rofik, bata yang ditemukan dalam tanah pada kedalaman 160 sentimeter tersebut memiliki tekstur dan ukuran berbeda daripada bata yang diproduksi warga Dusun Kedaton.

Di Dusun Kedaton, tempat penemuan benda yang ditengarai sebagai benda cagar budaya tersebut, sebagian warganya adalah pembuat bata merah dengan bahan baku tanah.

"Ukurannya beda dengan bata yang diproduksi warga di sini. Bata yang ditemukan ukurannya bisa 4 kali lipat dari bata yang sekarang," ungkap Rofik.

Pada pekan lalu, kata Rofik, petugas dari Badan Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Jawa Timur, melakukan observasi di lokasi penemuan situs purbakala di Dusun Kedaton, Desa Bulurejo.

Halaman
123
Editor: has
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved