Advertorial

Pemkab Bantul Komitmen Jemput Bola Rekam e-KTP Elektronik Bagi Lansia dan Penyandang Disabilitas

Bupati Bantul Suharsono mengatakan, pemkab telah menyediakan mobil keliling untuk mendatangi rumah-rumah warga yang mobilitasnya terbatas untuk mengur

Pemkab Bantul Komitmen Jemput Bola Rekam e-KTP Elektronik Bagi Lansia dan Penyandang Disabilitas
TRIBUNJOGJA.COM / Amalia Nurul F
Suharsono bersilaturahmi ke Mbah Tukijem bersama jajaran pemerintah dan petugas Disdukcapil yang sekaligus melakukan perekaman e-KTP, Selasa (25/6/2019). 

TRIBUNJOGJA.COM, BANTUL - Pemerintah Kabupaten Bantul berkomitmen untuk melayani masyarakat dalam berbagai aspek.

Satu di antaranya yakni pelayanan jemput bola rekam e-KTP bagi para lansia dan penyandang disabilitas.

Bupati Bantul Suharsono mengatakan, pemkab telah menyediakan mobil keliling untuk mendatangi rumah-rumah warga yang mobilitasnya terbatas untuk mengurus e-KTP.

Pada Selasa (25/6/2019) pagi, Suharsono bersama petugas Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Bantul beserta camat dan pemerintah desa menyambangi rumah Mbah Tukijem (80) di Dusun Melikan Lor, Desa Bantul, Kecamatan Bantul.

Mbah Tukijem merupakan lansia yang hanya mampu berbaring di tempat tidurnya lantaran sakit karena usianya yang sudah renta.

Empat Bersaudara Yatim Piatu Terima Bantuan Pemkab Bantul

Petugas Disdukcapil pun melakukan perekaman e-KTP di samping tempat tidur Mbah Tukijem yang juga akrab disapa Mbah Dasilah ini.

Suharsono mengatakan, tiap warga di Bantul harus mempunyai e-KTP. Proses pembuatan e-KTP sebisa mungkin harus mudah, cepat, dan menyenangkan.

"Dan yang pokok adalah gratis tidak dipungut biaya satu sen pun. Kalau ada yang memungut biaya laporkan pada saya, karena itu ada hukumannya. Kalau sampai menarik biaya itu sanksinya penjara enam tahun atau denda Rp75 juta," kata Suharsono usai menyambangi warga Dusun Melikan Lor dan rumah Mbah Tukijem.

Menurutnya, warga lansia seperti Mbah Tukijem memang harus dilayani dengan jemput bola.

"Seperti ini tadi daya kunjungi simbah yang baru gerah, petugas Dukcapil proaktif melayani ke rumah-rumah penduduk yang sudah lansia. Dan orang-orang cacat permanen," ujarnya.

Halaman
12
Penulis: amg
Editor: Ari Nugroho
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved