Pendidikan

Mahasiswa Kini Dapat Mengatur Jadwalnya Melalui Aplikasi MANAGE

Dengan aplikasi ini diharapkan setiap mahasiswa dapat lebih efektik dan efisien meningkatkan produktivitasnya.

Mahasiswa Kini Dapat Mengatur Jadwalnya Melalui Aplikasi MANAGE
Istimewa
Mahasiswa UNY mengembangkan aplikasi MANAGE 

TRIBUNJOGJA.COM, SLEMAN - Kini mahasiswa tak perlu khawatir kesulitan mengatur waktu.

Jika profesi manajer umumnya hanya dimiliki bos-bos perusahaan, maka sekarang mahasiswa dapat memiliki manajer di ponsel pintar mereka.

Adalah tiga orang mahasiwa UNY bernama Indah Budiati, Zulfa Mahendra (Pendidikan Fisika), dan Yosan Guntara (Pendidikan Teknik Informatika) telah mengembangkan aplikasi android bernama MANAGE untuk membantu mengatasi manajemen waktu bagi mahasiswa.

Dengan aplikasi ini diharapkan setiap mahasiswa dapat lebih efektik dan efisien meningkatkan produktivitasnya.

Pakai Aplikasi Peta Digital, Malah Tersesat di Hutan hingga Dini Hari

Indah mengungkapkan, latar belakang dilakukan penelitian ini lantaran ia merasa jumlah beban tanggungjawab mahasiswa tidak sebanding dengan waktu yang mereka miliki, hal ini membuat mahasiswa tidak dapat mengelola tugas dengan optimal.

Dengan perkembangan media elektronik, maka salah satu solusi yang dapat dilakukan untuk mengatasi permasalahan manajemen waktu adalah melalui pengembangan e-management.

Atas dasar itu, tercetuslah MANAGE yang merupakan sebuah aplikasi android yang berfungsi sebagai media e-Manajement diperuntukkan untuk mahasiswa.

Fitur-fitur yang tersedia di dalam aplikasi MANAGE telah disesuaikan dengan kebutuhan manajemen waktu mahasiswa untuk mengatasi beragam masalah yang dialami oleh mahasiswa terutama kasus kurangnya produktifitas.

"Aplikasi ini dilengkapi fitur manajemen tugas pribadi dan organisasi untuk memudahkan komunikasi kelompok atau kepanitiaan dalam melaksanakan event atau program kerja dan mengurangi jam rapat yang kurang efektif dengan banyaknya miskomunikasi,” ujarnya Sabtu (22/6/2019).

Tekan Angka Pelecehan Anak dan Perempuan, Aliansi Jogja Sehati Gagas Aplikasi Wonder

MANAGE berfungsi sebagai langkah efektif dan efisien dalam meningkatkan produktifitas di kalangan mahasiswa melalui fitur-fitur yang telah disediakan.

Langkah yang dilakukan tidak hanya untuk mengatasi permasalahan manajemen waktu pribadi, akan tetapi juga untuk manajemen waktu

Selain itu dalam aplikasi juga terdapat video untuk pengetahuan self leadership dalam memanajemen waktu yang diadopsi dari buku 7 Habit of Highly Effective People Stephen Covey, Problem Solving 101 Ken Watanabe, First Thing First Stephen Covey.

Diterangkannya, metode pengembangan perangkat lunak yang digunakan dalam mengembangkan aplikasi MANAGE adalah Pressman Waterfall Model.

Metode yang juga biasa disebut classic life cycle ini dapat menunjukkan sistematis dan pendekatan sekuensial untuk pengembangan perangkat lunak.

Sistem ini dimulai dengan spesifikasi pengguna dari syarat-syarat yang dibutuhkan melalui planning, modeling, construction, dan deployment, yang berpuncak pada dukungan yang berkelanjutan dari perangkat lunak yang lengkap.

"Kami menggunakan metode ini karena pencerMMMminan kepraktisan rekayasa, yang membuat kualitas sistem tetap terjaga karena pengembangannya yang terstruktur dan terawasi," tutupnya.(TRIBUNJOGJA.COM)

Penulis: nto
Editor: Ari Nugroho
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved