Mudik Lebaran 2019

Perlancar Arus Mudik ke Jawa, Sistem One Way Mulai Diberlakukan, Berikut Jadwal Lengkapnya

PT Jasa Marga dan Korlantas Polri mulai memberlakukan sistem one way di jalur tol trans Jawa untuk memperlancar arus mudik ke Jateng dan Jabar.

Perlancar Arus Mudik ke Jawa, Sistem One Way Mulai Diberlakukan, Berikut Jadwal Lengkapnya
Dok. Jasa Marga
Pengerjaan jalan tol Cikampek arah Jakarta 

Sistem one way di jalan tol trans Jawa mulai diberlakukan hari ini hingga Minggu (2/6/2019) mendatang.

TRIBUNJOGJA.COM - PT jasa Marga dan Korps Lalu Lintas Polri mulai memberlakukan sistem satu arah atau one way dari arah Jakarta menuju arah timur, Kamis (30/5/2019) hari ini.

Pemberlakuan sistem one way ini akan dilaksanakan hingga Minggu (2/5/2019) mendatang.

Penerapan sistem one way dimulai di KM 70 di Gerbang Tol Cikampek Utama (Cikatama) hingga KM 262 di ruas Tol Pejagan-Pemalang.

Adapun waktu penerapan one way dimulai pada pukul 09.00 WIB hingga 21.00 WIB.

Selain one way, juga ada sistem contraflow yang berlaku mulai dari KM 29 sampai KM 61 ruas tol Jakarta-Cikampek, pada pukul 06.00-21.00 WIB.

PLN Sediakan Charge Gratis di 24 Posko Mudik Jateng-DIY

Sistem tersebut merupakan salah satu upaya PT Jasa Marga dan Korps Lalu Lintas Polri untuk memperlancar arus kendaraan yang hendak mudik ke arah Jawa Tengah dan Jawa Barat.

General Manager Jasa Marga cabang Tol Jakarta-Cikampek Raddy R Lukman berharap, dengan adanya penerapan one way yang sudah terjadwal maka pengguna jalan bisa mengatur perjalanannya untuk mengikuti one way saat mudik atau arus balik.

"Paling tidak masyarakat dapat mengatur waktu perjalanannya kan. Tahun lalu ini enggak diatur kan, kita terkaget-kaget. Nah sekarang orang bisa mengatur, misal saya mau lewat tol untuk arah sebaliknya maka saya harus hindari jam-jam one way gitu kan," ujar Raddy.

Mudik Lewat Terminal Giwangan, Sekarang Penumpang Bisa Lihat Jadwal Bus di Terminalgiwangan.com

Sementara itu, Kepala Korps Lalu Lintas (Kakorlantas) Polri Irjen Refdi Andri mengatakan, kecepatan kendaraan yang melalui jalur one way atau contraflow dibatasi pada kecepatan 80 km/jam demi menjaga keselamatan.

"Pada jalur yang kami berlakukan one way, jalur B itu kami atur kecepatan maksimalnya 80 kilometer per jam, kemudian kecepatan minimal 40 kilometer per jam sehingga pergerakan menjadi lebih baik," kata Refdi.

Selain itu, kendaraan besar seperti bus juga dilarang melewati jalur yang diterapkan one way demi mempermudah pergerakan kendaraan apabila ada rekayasa lalu lintas lain yang diterapkan.

Tiket Kereta Api Mudik Lebaran 2019, Pesan Tiket via Kai.id, Tiket.com dan Tiketkai.com Link Disini

"Pada pergerakan one way di mana jalur B itu, kita tidak merekomendasikan, bus tidak melintas di sana atau truk. Jadi untuk bus dan truk tetap berjalan di jalur A sehingga memudahkan pada saat kita melakukan pergerakan-pergerakan lain setelah melintas pada one way itu jadi rekayasa, dan lain-lain," ungkap Refdi. (*)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "One Way di Jalan Tol Mulai Berlaku, Ini Jadwalnya", https://megapolitan.kompas.com/read/2019/05/30/09530731/one-way-di-jalan-tol-mulai-berlaku-ini-jadwalnya.

Editor: has
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved