Kulon Progo

Three Letter Code YIA Merupakan Kode Baku

Saat ini Bandara baru Yogyakarta International Airport (YIA) sudah memiliki three letter code (kode) yang diberi nama YIA.

Three Letter Code YIA Merupakan Kode Baku
Tribunjogja.com | Singgih Wahyu N
Kondisi perkembangan pembangunan bandara YIA di Kulon Progo hingga Selasa (23/4/2019). 

TRIBUNJOGJA.COM - General Manager PT Angkasa Pura (AP), Agus Pandu Purnama menerangkan saat ini Bandara baru Yogyakarta International Airport (YIA) sudah memiliki three letter code (kode) yang diberi nama YIA.

Agus menjelaskan three letter code ini sudah didapatkan sejak lama, bahkan sebelum adanya penerbangan, dan sampai saat ini kode tersebut sudah di-share di seluruh penerbangan yang ada di dunia.

Dua Rekomendasi Brand Fashion Lokal Kekinian

"Kode sekarang sama dengan nama YIA, three letter code YIA juga. Kalau Adisutjipto tetap JOG. Penerapan sudah sebelum penerbangan, itukan diajukan untuk dipublikasi dari Kementerian. Itu sudah lama," ujarnya pada Tribunjogja.com.

Pandu menjelaskan three latter code setiap penerbangan tidak boleh sama, kebetulan untuk three letter code YIA di seluruh penerbangan di dunia belum ada.

"Di seluruh dunia belum ada nama YIA. Maka kita pilih YIA. Kebetulan juga namanya Yogyakarta International Airport, jadi pas," ungkapnya.

Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Dukung Penghijauan Bandara YIA

Dia juga menerangkan, nantinya manakala suatu bandara mengalami pergantian nama, untuk three letter code ini tidak akan berubah.

Menurutnya three letter code merupakan kode baku yang tidak akan diganti dan sudah di share ke seluruh penerbangan di dunia.

"Kalau nama boleh saja diganti, kalau di kita Adisutjipto tetap aja JOG, nanti misalnya di tempat kita jadi Diponegoro ya tetap saja three letter codenya tidak berubah," katanya. (*)

Penulis: Siti Umaiyah
Editor: Gaya Lufityanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved