Desa Timbulharjo Luncurkan Program Gerakan Satu Dusun Satu Posbindu

Pos layanan kesehatan khusus penyakit tidak menular ini diperuntukkan bagi anak-anak muda.

Desa Timbulharjo Luncurkan Program Gerakan Satu Dusun Satu Posbindu
Tribun Jogja/ Ahmad Syarifudin
Bupati Bantul, Suharsono, memukul kentongan sebagai tanda launching gerakan satu dusun satu Posbindu di Balai Desa Timbulharjo, Sewon, Kabupaten Bantul, Rabu (1/5/2019) 

TRIBUNJOGJA.COM, BANTUL - Pemerintah Desa Timbulharjo meluncurkan gerakan satu dusun, satu pos pembinaan terpadu (Posbindu) di Balai desa setempat, Rabu (1/5/2019).

Pos layanan kesehatan khusus penyakit tidak menular ini diperuntukkan bagi anak-anak muda.

Lurah Desa Timbulharjo, Kandar, mengatakan posbindu merupakan satu rangkaian dari pemberdayaan masyarakat dalam upaya ikut merawat kesehatan.

Posbindu di desa Timbulharjo nantinya akan ditangani oleh anak-anak muda, usia produktif, di rentang usia antara 15 - 59 tahun.

Anak-anak muda itu akan dilatih dan diberikan pembinaan tentang kesehatan. Bekerjasama dengan sejumlah lembaga kesehatan, dan enam perguruan tinggi.

"Dengan remaja tampil sebagai ikon dari posbindu diharapakan deteksi dini penyakit tidak menular yang sekarang merebak dikalangan anak-anak muda, bisa diketahui. Itu misi yang kita angkat," katanya, Rabu (1/5/2019)

Posbindu berjumlah 16 pos. Peluncuran ini dihadiri oleh Bupati Bantul Suharsono, Ketua Tim Penggerak PKK Bantul Erna Kusmawati, Sekda Bantul, Helmi Jamharis dan Kepala Dinas Kesehatan Bantul drg. Maya Sintowati Pandji serta ratusan ibu-ibu.

Dikatakan Kandar, gerakan satu dusun satu Posbindu yang dicanangkan oleh Pemerintah desa Timbulharjo nantinya akan sejalan dengan layanan kesehatan yang sebelumnya sudah ada.

Di desa Timbulharjo menurutnya sudah ada 21 posyandu. Yaitu layanan kesehatan yang khusus menangani balita dan anak-anak.

Ada juga pos lansia berjumlah 19 pos. Layanan kesehatan tersebut khusus diperuntukkan bagi orang tua dan lanjut usia.

Halaman
12
Penulis: Ahmad Syarifudin
Editor: ton
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved