Jawa

Berkunjung ke Kampoeng Dolanan Nusantara di Borobudur, Kampung Unik dengan Konsep 'Dolanan'

Ada sebuah kampung unik di sekitar kawasan Candi Borobudur dimana pengunjung dapat bermain berbagai permainan tradisional atau dolanan.

Berkunjung ke Kampoeng Dolanan Nusantara di Borobudur, Kampung Unik dengan Konsep 'Dolanan'
istimewa
Anak-anak bermain permainan tradisional di Kampoeng Dolanan Nusantara, di Dusun Sodongan, Desa Bumiharjo, Kecamatan Borobudur, Kabupaten Magelang, Selasa (23/4/2019). 

Laporan Reporter Tribun Jogja, Rendika Ferri K

TRIBUNJOGJA.COM, MAGELANG - Ada sebuah kampung unik di sekitar kawasan Candi Borobudur dimana pengunjung dapat bermain berbagai permainan tradisional atau dolanan.

Di sana, mereka dapat merasakan bagaimana menjadi orang desa yang hidup di pedesaan, bercocok tanam, dan tinggal di rumah warga, dengan suasan desa yang masih sejuk dan damai.

Kampung itu bernama Kampoeng Dolanan Nusantara. Lokasi tepatnya ada di Dusun Sodongan, Desa Bumiharjo, Kecamatan Borobudur, Kabupaten Magelang.

Dusun Sodongan sendiri berada di sisi utara Candi Borobudur, kurang lebih dua kilometer dari candi, sebuah kawasan desa yang masih asri dan alami.

Kemegahan Candi Borobudur Dalam Bingkai Foto Sang Juru Rawat Candi, Suparno

Kampoeng Dolanan Nusantara dibuka sejak enam tahun lalu, tepatnya di tahun 2013. Konsep Kampoeng Dolanan Nusantara ini sendiri adalah memadukan konsep bermain permainan tradisional atau dolanan di suasana asli pedesaan.

Ada berbagai dolanan ataupun wahana permainan tradisional di sini, mulai dari egrang atau jangkauan, gasing, bakiak, gobak sodor, dakon hingga bekelan.

"Ada berbagai permainan tradisional di sini,. Ada egrang, gasing, bakiak, gobak sodor dan dakon, atau bekel untuk yang putri. Bahkan penngunjung juga dapat membikin dolanan sendiri dari daun atau bahan-bahan alam yang ada di sekitar desa.," ujar Abbet Nugroho, pengelola Kampoeng Dolanan Nusantara, Selasa (23/4/2019).

Tak hanya dolanan saja, di Kampoeng Dolanan Nusantara, pengunjung juga dapat belajar kesenian atau budaya daerah asli Borobudur.

Mereka dapat belajar menabuh gamelan, memainkan gending atau lagu jawa, dan belajar tari rakyat. Para pemandu akan siap mengajari pengunjung sampai bisa.

BPBD Kota Yogyakarta Perkenalkan Mitigasi Bencana Lewat Tembang Dolanan Anak

Halaman
1234
Penulis: rfk
Editor: Ari Nugroho
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved