Breaking News:

Katie Bouman, Wanita Cantik Nan Cerdas di Balik Penampakan Black Hole

Dari tangannya, tiga tahun lalu lahir algoritma yang membantu program pencitraan gambar berdasar gelombang elektromagnetik.

CNN
Katie Bouman 

Katie Bouman, Wanita Cantik Nan Cerdas di Balik Penampakan Black Hole

TRIBUNJOGJA.COM, NEW YORK – Menatap kamera, perempuan cantik itu mengatupkan kedua tangan  menutupi senyum tipis di mulutnya. Wajahnya tampak berseri-seri.

Layar laptop di meja memperlihatkan samar-samar foto lubang hitam (black hole). Foto itu dikelilingi deretan angka dan rumus yang diciptakannya.

Itulah momen dramatis ketika gambar “black hole” akhirnya bisa ditampakkan dan diumumkan ke dunia, Rabu (10/4/2019).

Katie Bouman, demikian nama perempuan cerdas itu. Dari tangannya, tiga tahun lalu lahir algoritma yang membantu program pencitraan gambar berdasar gelombang elektromagnetik.

Katie Bouman
Katie Bouman (NET)

Apa sih lubang hitam itu? Secara sederhana para ahli menjelaskan, black hole adalah bagian dari dimensi ruang dan waktu yang merupakan gravitasi paling kuat, bahkan cahaya tidak bisa kabur.

Teori relativitas umum memprediksi butuh massa besar untuk menciptakan sebuah lubang hitam yang berada di ruang waktu.

Di sekitar lubang hitam ada permukaan yang disebut horizon peristiwa. Objek ini disebut "hitam" karena menyerap apapun yang berada disekitarnya dan tidak dapat kembali lagi, bahkan cahaya.

Secara teoretis, lubang hitam dapat memliki ukuran apa pun, dari mikroskopik sampai ke ukuran alam raya yang dapat diamati

Menemukan black hole, bukan sesuatu yang mudah. Sebab, menemukan gambar black hole ibarat mengambil foto jeruk yang ada di permukaan bulan menggunakan kamera telepon seluler.

Halaman
1234
Penulis: Setya Krisna Sumargo
Editor: Mona Kriesdinar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved