Pembangunan Bandara NYIA

Terminal NYIA Sudah Hampir Rampung, Tinggal Proses Finising Interior

Gedung terminal untuk penumpang di NYIA di Temon kini masih terus dikebut untuk mengejar operasi minimum pada April 2019 ini.

Terminal NYIA Sudah Hampir Rampung, Tinggal Proses Finising Interior
Dokumentasi Humas AP I
Kondisi terkini proyek pembangunan NYIA di Temon. Foto diambil 26 Maret 2019. 

TRIBUNJOGJA.COM - Gedung terminal untuk penumpang di New Yogyakarta International Airport (NYIA) di Temon kini masih terus dikebut untuk mengejar operasi minimum pada April 2019 ini.

Pekerjaan lebih banyak berkutat pada finishing interior.

Project Manager Pembangunan NYIA PT Angkasa Pura I, Taochid Purnama Hadi mengatakan area terminal penumpang sudah hampir siap untuk digunakan meski saat ini masih berlangsung beberapa pekerjaan penyempurnaan.

Antara lain pengerjaan papan gambar penunjuk di area boarding gate serta ornamen-ornamen estetik dalam terminal.

Baca: Bandara Adisutjipto Yogyakarta Ikut Rayakan Momen Earth Hour 2019

Baca: Jelang Operasi Terbatas, Bandara NYIA Kulon Progo Jalani Verifikasi Kelayakan Pekan Depan

Termasuk motif batik Kawung dan identitas khas Yogyakarta pada beberapa sudut terminal. Selain itu, beberapa pekerjaan instalasi interior juga tengah dikebut.

Garbarata (belalai pendekat terminal ke badan pesawat) setidaknya sudah terpasang tiga unit dan akan terus ditambah menyesuaikan jumlah fixed bridge (lorong jembatan penghubung terminal dan pesawat) NYIA yang totalnya sebanyak 5 unit.

Namun, untuk operasi terbatas di April, ada dua boarding gate dengan 4 garbarata yang akan digunakan bagi layanan penerbangan internasional.

Baca: Gemblakan Bawah Deklarasikan Kampung Panca Tertib

"Area layanan imigrasi dan bea cukai, semua sudah siap. Kami tinggal menunggu tenant (mitra penyewa gerai) seperti ATM yang harus disiapkan di dalam dan luar terminal. Restoran juga harus siap, barangkali ada penumpang yang lapar," kata Taochid, Minggu (31/3/2019).

Terminal penerbangan internasional NYIA direncanakan memiliki luas sekitar 12.920 meter persegi untuk menyongsong masa operasi terbatas dengan kapasitas hingga ribuan orang.

Sedangkan pada akhir fase 1 pembangunan NYIA secara keseluruhan yang ditargetkan rampung 100 persen pada Desember 2019 nanti, terminalnya seluas 210.000 meter persegi dengan kapasitas 14 juta penumpang per tahun atau 9 kali lipat dari kapasitas Bandara Adisutjipto.(tribunjogja)

Penulis: ing
Editor: has
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved