Bantul

Besok Atau Lusa, TPST Piyungan Sudah Bisa Beroperasi Kembali

Tempat Pembuangan Sampah Terpadu (TPST) Piyungan di Desa Sitimulyo, Kabupaten Bantul masih ditutup dan dalam proses perbaikan.

Besok Atau Lusa, TPST Piyungan Sudah Bisa Beroperasi Kembali
Tribun Jogja/ Ahmad Syarifudin
Jalan menuju Dermaga Pembuangan di TPST Piyungan mulai diperbaiki dengan cara di urug menggunakan material tanah dan batu, Rabu (27/3/2019) 

TRIBUNJOGJA.COM - Tempat Pembuangan Sampah Terpadu (TPST) Piyungan di Desa Sitimulyo, Kabupaten Bantul masih ditutup dan dalam proses perbaikan.

Saat ini tengah dilakukan pengurugan jalan menggunakan tanah dan batuan menuju dermaga pembuangan sampah.

Ketua Pemulung Mardiko dan menjadi juru bicara warga sekitar TPST Piyungan, Maryono mengatakan apabila cuaca mendukung dan proses pengurugan berjalan lancar, maka tempat pembuangan sampah akan kembali dibuka.

"Apabila cuaca panas dan pengurugan lancar. Kamis atau Jumat, sudah bisa dibuka. Melihat situasi dan kondisi," kata Maryono ditemui di lokasi pengurugan, Rabu (27/3/2019).

Baca: Masih Ditutup, Dermaga Pembuangan Sampah di TPST Piyungan Mulai Diurug

Proses pengurugan jalan menuju dermaga sudah dilakukan sejak hari Selasa sore, hingga hari Rabu ini.

Terlihat sejumlah truk hilir mudik menumpahkan material tanah bercampur bebatuan. Satu Bulldozer kemudian segera meratakan material itu untuk mengurug sampah.

Menurut Maryono ada dua dermaga yang diminta untuk diurug dan diperbaiki yaitu dermaga bagian selatan dan dermaga utara. Masing-masing dermaga diminta untuk dilebarkan.

Baca: Soal TPST Piyungan Ditutup, Begini Kata Bupati Bantul

Dermaga selatan nantinya diprioritaskan untuk pembuangan sampah dump truk plat merah. "Dan yang satunya lagi untuk pembuangan sampah swasta dan umum," tutur dia.

Seusai perbaikan, masing-masing dermaga pembuangan sampah nantinya bisa lebar dan diharapkan mampu menampung 400 rit setiap harinya. Sehingga proses bongkar buang sampah yang berasal dari Yogyakarta, Sleman dan Bantul bisa berjalan lancar.(tribunjogja)

Penulis: Ahmad Syarifudin
Editor: has
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved