Sleman

Personel Linmas Kecamatan Pakem Siap Membantu Amankan Pemilu

Hal itu juga sudah diatur dalam Permendagri No.10/2009 tentang penugasan Satlinmas dalam penanganan ketentraman, ketertiban, dan keamanan penyelenggar

Personel Linmas Kecamatan Pakem Siap Membantu Amankan Pemilu
istimewa
Ratusan personel linmas apel untuk kesiapan pemilu 

TRIBUNJOGJA.COM, SLEMAN - Sebanyak 340 personil Satuan Perlindungan Masyarakat (Satlinmas) ikuti apel pasukan di halaman Kantor Kecamatan Pakem, Selasa (12/3/2019).

Para personel linmas ini akan dikerahkan untuk membantu pengamanan pemilu 2019.

Camat Pakem, Suyanto, menjelaskan bahwa keberadaan Satlinmas untuk Pemilu itu penting.

Hal itu juga sudah diatur dalam Permendagri No.10/2009 tentang penugasan Satlinmas dalam penanganan ketentraman, ketertiban, dan keamanan penyelenggaraan pemilu.

Direncanakannya, 340 personil Satlinmas Pakem ini nanti akan dibagi tugasnya yakni akan ada yang ditempatkan di 125 Tempat Pemungutan Suara (TPS), bertugas di Desa, dan di Kecamatan.

Secara detil jumlah, 250 personel akan ditempatkan untuk pengamanan TPS, 60 personel di desa dan 30 personel di kecamatan.

Baca: 30 Ribu Linmas Siap Jaga TPS Yogyakarta Selama Pemilu

Ia menjabarkan, Satlinmas yang berada di TPS memiliki tugas untuk menjaga, memelihara ketertiban dan keamanan di TPS mulai dari proses pemungutan suara hingga penghitungan.

Sementara untuk Satlinmas yang berada di Desa bertugas untuk mengamankan kotak suara dan pendistribusian kotak suara, sedangkan Satlinmas yang berada di Kecamatan bertugas untuk mengawal dan mengamankan rekapitulasi di tingkat Kecamatan.

"Dalam menjalankan tugasnya, Satlinmas tentunya berkoordinasi dengan aparat yang terlibat dalam pengamanan lainnya," ujar dia.

Kapolsek Pakem Kompol Haryanta yang turut hadir dalam apel hari itu mengatakan kegiatan ini bertujuan untuk mengecek kesiapan personil linmas maupun kelengkapannya.

Diharapkan, dalam pemilu nanti Linmas dapat siap membantu pengamanan.

Baca: Politisi Muda PDIP Eko Suwanto Tegaskan Satlinmas Berperan Penting Cegah Konflik di Pemilu 2019

"Kami sudah petakan wilayah-wilayahnya, jadi masing-masing TPS nanti akan ada dua personil Linmas, dan dibantu aparat lainnya," jelasnya.

Dalam kesempatan itu, Kapolsek juga mengatakan bahwa Pakem tidak memiliki titik rawan konflik sejauh ini.

Namun demikian, hal itu tidak menyurutkan petugas untuk selalu senantiasa menjaga keamanan.

"Kami harapkan juga demikian aman dan kondusif. Yang perlu tambahan paling nanti ada TPS khusus di lapas grhasia, dan di panti wreda," jelasnya.(TRIBUNJOGJA.COM)

Penulis: nto
Editor: Ari Nugroho
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved