Kulonprogo

3.804 Pelajar di Kulon Progo Terjaring Operasi Zebra Progo 2018

3.804 Pelajar di Kulon Progo Terjaring Operasi Zebra Progo 2018. Sebagian Besar Belum Memiliki SIM.

3.804 Pelajar di Kulon Progo Terjaring Operasi Zebra Progo 2018
istimewa
Apel gelar pasukan Operasi Zebra 2018 yang dilaksanakan jajaran Polda DIY di area parkir Stadion Maguwoharjo, Selasa (30/10/2018). 

TRIBUNJOGJA.COM - Penggunaan sepeda motor oleh para pelajar di Kulon Progo untuk aktivitas bersekolah cukup tinggi saat ini.

Sayangnya, sebagian di antaranya tergolong masih di bawah ketentuan layak usia berkendara.

Hal itu terlihat dari banyaknya jumlah pelanggaran oleh pelajar tanpa Surat Izin Mengemudi (SIM) yang terjaring Operasi Zebra Progo 2018, 30 Oktober-12 November 2018 lalu.

Dari total 5.494 pelanggar, sebanyak 3.804 orang di antaranya berasal dari kalangan pelajar sekolah dan masih berstatus anak-anak.

Baca: Bupati Bantul Masih Rahasiakan Sekda Terpilih, Baru Diumumkan Setelah Lapor Sultan

"Semua pelajar yang terjaring itu tidak punya SIM. Ini jadi keprihatinan tersendiri bagi kami. Tidak seharusnya anak-anak berkendara sendiri," kata Kasat Lantas Polres Kulon Progo, AKP Maryanto, Jumat (16/11/2018).

Menurutnya, pendampingan oleh orang tua perlu ditingkatkan dan tidak membiarkan anak-anak mengendarai sepeda motor sendiri. Misalnya dengan berbagi waktu untuk mengantarkan mereka ke sekolah.

Pihaknya juga telah mengupayakan sejumlah langkah untuk meningkatkan kesadaran keselamatan berlalulintas di kalangan pelajar dan anak-anak. (tribunjogja)

Penulis: ing
Editor: has
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved