Breaking News:

Pariwisata

Sekarang Beli Tiket Masuk Candi Prambanan Bisa Pakai Aplikasi TWC Mobile

Sekarang Beli Tiket Masuk Candi Prambanan Bisa Pakai Aplikasi TWC Mobile

Penulis: Wahyu Setiawan Nugroho | Editor: Hari Susmayanti
Tribun Jogja/ Wahyu Setiawan Nugroho
Pujo Suwarno Senior Manager Infrastruktur PT Taman Wisata Candi Borobudur Prambanan dan Ratu Boko (persero) saat mencoba aplikasi TWC Mobile pada pintu masuk Candi Prambanan, Rabu (5/9/2018). 

Laporan Reporter Tribun Jogja Wahyu Setiawan Nugroho

TRIBUNJOGJA.COM - Setiap pengunjung yang akan masuk ke Candi Prambanan diharuskan membeli tiket di loket dan menggunakan uang cash maupun gesek menggunakan kartu debet/kredit.

Namun kini wisatawan yang ingin berkunjung ke Candi di bawah naungan PT Taman Wisata Candi (TWC) Borobudur, Prambanan dan Ratu Boko persero ini bisa melakukan dengan satu aplikasi, yakni melalui TWC Mobile.

Aplikasi ini merupakan garapan dari Bank Mandiri yang bekerjasama dengan PT Digital Artha Media (DAM) yang diharapkan akan memudahkan pengguna khususnya wisatawan yang ingin berkunjung di Candi Prambanan dengan melakukan pemesanan maupun pembelian tiket dalam satu aplikasi tanpa antri.

Melalui aplikasi ini, wisatawan akan mendapatkan virtual tiket yang berupa barcode dan tinggal di tap pada pintu masuk yang telah tersedia alat khusus.

Baca: Ada Gangguan di PLTU Paiton, Bali Alami Black Out

Untuk pembayarannya, aplikasi ini telah bekerjasama dengan Mandiri e-cash dengan layanan top-up yang dapat dilakukan dan terkoneksi dengan saldo rekening Bank Mandiri.

Tiket virtual ini pun juga dapat melakukan pemesanan hingga 20 tiket sekaligus dan dapat menjadwalkan kapan pun wisatawan akan berkunjung ke Candi tersebut.

Aplikasi ini pun diluncurkan Rabu (5/9/2018) oleh PT Taman Wisata Candi (TWC) Borobudur, Prambanan dan Ratu Boko persero yang bekerjasama dengan Bank Mandiri serta PT Digital Artha Media (DAM) di Pintu Masuk Candi Prambanan.

Senior Manager Infrastruktur PT TWC, Pujo Suwarno menuturkan upaya ini menjadi langkah positif PT TWC yang bekerjasama dengan BUMN lain untuk meningkatkan fasilitas dan memudahkan para wisatawan dalam hal ticketing sekaligus transformasi digital yang harus dilakukan untuk menghadapi era sekarang.

Baca: Pinjam Buku di Perpustakaan Kota Yogya Tanpa Harus Datang Langsung, Bisa Manfaatkan Jamila

"Ini merupakan langkah awal dan momentum bagi kami di tahun 2018 untuk melakukan transformasi digital dan mendekatkan diri kepada pengunjung melalui aplikasi TWC Mobile, aplikasi ini bisa diakses langsung cukup dengan smartphone dan top-up saldo yang mudah dengan mandiri e-cash," katanya kepada media usai meresmikan aplikasi tersebut.

Rencananya, selain untuk ticketing, lanjut Pujo, program cashless ini akan diaplikasikan pada beberapa fasilitas lain yang ada di sekitar PT TWC sehingga akan semakin memudahkan pengunjung serta mengurangi transaksi secara fisik.

Baca: Benarkah Ada Jam Raksasa di Candi Borobudur?

"Ini baru pilot project, dan baru untuk gate masuknya dulu, kedepan ada fasilitas-fasilitas di dalam yang sedang dirancang oleh tim IT sebagai layanan kepada pengunjung yang juga akan diterapkan sistem cashless, apabila ini berjalan baik akan kita kembangkan juga untuk unit kerja lain termasuk di Borobudur dan Ratu Boko serta untuk Sendratari Ramayana juga," paparnya.

Aplikasi ini pun saat ini sudah mulai bisa diunduh dan diaplikasikan pada layar smartphone melalui Google Play Store maupun IOS. (tribunjogja)

Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved