Kulonprogo

Pascaputusan Bawaslu Kulonprogo, 6 Bacaleg Sudah Lengkapi Persyaratan

Enam bacaleg yang dicoret KPU setempat dari DCS Pemilu 2019 dinyatakan berhak mengikuti kembali kontestasi pemilu.

Pascaputusan Bawaslu Kulonprogo, 6 Bacaleg Sudah Lengkapi Persyaratan
TRIBUNJOGJA.COM / Suluh Pamungkas
Berita Kulonprogo 

TRIBUNJOGJA.COM, KULONPROGO - Pelengkapan berkas persyaratan pencalonan telah dilakukan empat partai politik di Kulonprogo atas bakal calon legislatifnya pascasidang adjudikasi Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) setempat.

Enam bacaleg dipastikan bakal masuk dalam daftar calon untuk Pemilu 2019.

Baca: Perindo dan PKPI Akhirnya Coret Bacaleg Eks Koruptor yang Diloloskan Bawaslu

Sesuai putusan Bawaslu Kulonprogo dalam sidang adjudikasi beberapa waktu lalu, enam bacaleg yang dicoret Komisi Pemilihan Umum (KPU) setempat dari Daftar Calon Sementara (DCS) Pemilu 2019 dinyatakan berhak mengikuti kembali kontestasi politik lima tahunan itu. 

Yakni, Mursanto dan Nuraini dari PKB, Sri Mulyono dari Perindo, Eko Wibowo Santoso dari Partai Golkar serta Puryono dan Ratna Sari Dewi dari Partai Berkarya. 

Keenam bacaleg ini menurut Ketua KPU Kulonprogo, Muh Isnaini, semuanya telah melengkapi kekurangan syarat pencalonan yang disusulkan pascaputusan Bawaslu tersebut.

Di antaranya fotokopi ijazah yang telah terlegalisasi, surat keterangan kesehatan, hingga keterangan bebas pidana maupun beberapa persyaratan lain. 

"Ada enam calon dari empat parpol dan semuanya sudah melengkapi," kata Isnaini pada Tribunjogja.com, Selasa (4/9/2018).

Dari lima partai yang mengajukan sengketa, hanya PDI Perjuangan yang permohonannya ditolak dan satu bacalegnya tetap gagal melenggang.

Hal itu menurut Isnaini sudah menjadi keputusan Bawaslu berdasarkan sidang adjudikasi dan pihaknya melaksanakan keputusan itu dengan tidak memasukkannya lagi dalam DCS. 

Terkait hasil putusan Bawaslu yang merekomendasikan enam bacaleg lain masuk kembali dalam DCS, KPU juga siap melaksanakannya.

Halaman
12
Penulis: ing
Editor: Gaya Lufityanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved