Sejak Era Ottoman, Angkatan Udara Turki Termasuk yang Terkuat di Dunia

Ketika dibentuk pada Juni 1909, AU Turki bernama Ottoman Air Force mulai terlibat pada Perang Balkan dan Perang Dunia I

Sejak Era Ottoman, Angkatan Udara Turki Termasuk yang Terkuat di Dunia
IST
Seorang pilot tempu Turkish Air Force atau Angkatan Udara Turki 

TRIBUNJOGJA.COM - Dari sisi sejarahnya Angkatan Udara Turki telah berdiri sejak lama, demikian juga pengalaman tempurnya.

Ketika dibentuk pada Juni 1909, AU Turki bernama Ottoman Air Force dan beberapa tahun kemudian mulai terlibat pada Perang Balkan (1912-1913) dan Perang Dunia I (1914-1918).

Setelah PD I, Kekaisaran Ottoman yang berhasil ditaklukan pasukan Sekutu dibubarkan dan semua aset yang berkaitan dengan AU Turki ditutup.

Tapi sejumlah personel AU Ottoman dengan susah payah membangun lagi kekuatan udara dengan pesawat yang tersisa di sejumlah kota seperti Istanbul, Izmir, Konya, Elazig, dan Divarbakir.

Sejumlah unit kekuatan udara yang dibentuk itu ternyata sangat berguna ketika Turki kembali bergolak untuk memperjuangkan kemerdekaannya.

Bangkit Kembali

Pada tahun 1921 Turki berhasil meraih kemerdekaannya dan kembali membentuk kekuatan udaranya.

Berkat pemerintahan agresif yang dipimpin oleh Mustafa Kemal Ataturk mulai 1923, Turki mencanangkan diri untuk memiliki kekuatan udara yang modern.

Benar, jika ada pertanyaan, siapa sosok yang paling berjasa membuat angkatan udara Turki sebesar sekarang, jawabannya adalah Mustafa Kemal Ataturk.

Halaman
1234
Editor: iwanoganapriansyah
Sumber: Grid.ID
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved