Yogyakarta

Seluruh Armada Trans Jogja Kini Dilengkapi CCTV

Dishub DIY terus berupaya melakukan perbaikan operasional Trans Jogja, demi menunjang kenyamanan dan keselamatan penumpang.

Seluruh Armada Trans Jogja Kini Dilengkapi CCTV
TRIBUNJOGJA.COM / Noristera Pawestri
Petugas saat memantau secara langsung seluruh armada Trans Jogja dari CC Room Dinas Perhubungan (Dishub) DIY. 

TRIBUNJOGJA.COM - Dinas Perhubungan (Dishub) DIY terus berupaya melakukan perbaikan operasional Trans Jogja, demi menunjang kenyamanan dan keselamatan penumpang.

Terbaru, Closed Circuit Television (CCTV) telah dipasang di seluruh armda.

Kasi Sarana dan Prasarana UPT Trans Jogja Dishub DIY, Rizki Budi Utomo, mengatakan bahwa pemasangan CCTV tersebut, dilatarbelakangi oleh keluhan dan aduan masyarakat, mengenai driving behavior, atau perilaku mengemudi para sopir Trans Jogja di lapangan. 

Baca: Tingkatkan Kenyamanan Penumpang, Seluruh Armada Trans Jogja Sudah Terpasang CCTV

"Sebelum pemasangan CCTV, pengawasan itu dilakukan oleh bidang SDM, dari satu titik, ke titik yang lain. Jadi, ada tim yang terjun langsung ke lapangan," katanya pada Tribunjogja.com, Jumat (3/8/2018).

Akan tetapi, model pengawasan seperti itu tidak bisa mencakup jam operasional secara keseluruhan, yakni antara pukul 06.00-22.00.

Karena itu, pihaknya kemudian memutuskan memasang alat yang bisa merekam pergerakan penumpang dan pengemudi bus.

"Untuk proses lelangnya sudah di awal tahun dan selesai di minggu ke empat bulan Juli. Kemudian, per akhir Juli lalu, mulai dioperasikan di 128 armada Trans Jogja," terangnya.

Dengan keberadaan CCTV tersebut, ia menuturkan, kenyamanan dan keamanan penumpang akan terpantau penuh.

Dalam artian, bisa melakukan pengawasan terhadap penumpang dari segala tindak kejahatan di dalam bus, seperti copet dan sebagainya.

"Kalau kita lihat variabel penumpang itu, ada safety, security dan punctuality. Keamanan itu berhubungan dengan masalah kejahatan. Lalu, keselamatan, ya berhubungan dengan driving behavior itu," tuturnya.

Halaman
12
Penulis: aka
Editor: Gaya Lufityanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved