DIY

Terkait HUT Bhayangkara ke-72, JPW Menilai Masih Ada yang Harus Dievaluasi oleh Polisi

Jogja Police Watch (JPW) memberi beberapa catatan sekaligus evaluasi terkait kinerja Polisi.

Terkait HUT Bhayangkara ke-72, JPW Menilai Masih Ada yang Harus Dievaluasi oleh Polisi
internet
ilustrasi 

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Bertepatan dengan Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Bhayangkara ke-72, Jogja Police Watch (JPW) memberi beberapa catatan sekaligus evaluasi terkait kinerja Polisi, khususnya yang bertugas di wilayah hukum Polda DIY.

Menurut JPW ada empat hal yang menjadi catatan khusus, di mana keempat hal tersebut berkaitan dengan penanganan kasus dari pihak Kepolisian.

Kepala Divisi Humas Jogja Police Watch, Baharuddin Kamba mengatakan, bahwa satu dari empat hal yang menjadi catatan pihaknya adalah terkait tindak penganiayaan berat (Anirat) yang terjadi bulan Juni lalu.

Menurutnya, sebuah aksi anirat yang terjadi awal bulan lalu membuat satu orang korban hingga meninggal dunia.

Meski menyebabkan korban meninggal, pihaknya mengapresiasi gerak cepat Polisi dalam mengungkap kasus tersebut.

Di mana setelah tertangkap, ternyata para pelakunya rata-rata berasal dari kalangan pelajar dan masih berusia belasan tahun.

Meski demikian, terkait vonis yang dijatuhkan untuk para pelaku tindak anirat dinilai pihaknya masih kurang setimpal dengan perbuatan yang dilakukan pelaku terhadap korban-korbannya.

"Kerja cepat dari kepolisian dengan menangkap para pelaku kejahatan jalanan ini layak diapresiasi. Kita harap aksi serupa bisa diberantas hingga ke akar-akarnya dan proses hukum dapat dilakukan secara adil, profesional dan transparan," katanya.

Selanjutnya, mengenai penanganan kasus tindak pidana korupsi dinilai pihaknya maah minim akan transparansi.

Dicontohkannya, untuk penanganan kasus dugaan korupsi Dana Rekonstruksi (Dakons) di Desa Jatimuyo, Dlingo, Bantul hingga kini tidak ada perkembangan proses hukumnya.

Halaman
12
Penulis: rid
Editor: Gaya Lufityanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved