Bandara NYIA Kulonprogo

Pembersihan Lahan Dilanjutkan, AP I Siap Bantu Pindahan

Warga yang masih bertahan kembali diminta untuk segera keluar dari lahan pembangunan New Yogyakarta International Airport (NYIA) tersebut.

Pembersihan Lahan Dilanjutkan, AP I Siap Bantu Pindahan
TRIBUNJOGJA.COM / Singgih Wahyu
warga berusaha menghalangi alat berat merobohkan pohon miliknya saat pembersihan lahan pembangunan bandara di Glagah. 

TRIBUNJOGJA.COM - PT Angkasa Pura I menyebut bahwa pembersihan lahan pembangunan bandara di wilayah Desa Glagah pada akhir Juni 2018 ini merupakan lanjutan dari pekerjaan terdahulu yang belum tertuntaskan.

Warga yang masih bertahan kembali diminta untuk segera keluar dari lahan pembangunan New Yogyakarta International Airport (NYIA) tersebut.

Project Manager Pembangunan NYIA PT AP I, Sujiastono mengatakan bahwa pekerjaan itu ditangani langsung oleh PT Pembangunan Perumahan (PP) sebagai rekanan AP I dalam pekerjaan pembersihan lahan.

Hal itu sebagai lanjutan untuk penuntasan pembersihan lahan setelah sebelumnya sempat terhenti karena masuk bulan puasa.

"Kami (AP I) hanya monitoring saja, PP yang melaksanakan karena dulu sempat slow down karena puasa dan Lebaran. Nah, sekarang mengejar tahapan pekerjaan kembali," jelas Sujiastono di sela kegiatan, Kamis (28/6/2018).

Dia menyebut pembangunan NYIA melalui beberapa tahap yang harus tuntas, termasuk untuk urusan pembersihan lahan yang sudah legal terakuisisi hingga upaya pembersihan bangunan rumah yang masih dihuni warga.

Namun begitu, ia enggan menyebutkan target waktu pembersihan lahan itu bisa dituntaskan.

Menurutnya, bila bisa lebih cepat dilakukan tentu menjadi hal yang baik bagi kelanjutan proyek strategis nasional tersebut.

"Target land clearing, nanti saya tanya PP dulu. Kalau target saya, lebih cepat lebih baik. Prinsipnya kan begitu. Kalau bisa diselesaikan awal Juli, kan lebih bagus," kata Sujiastono.

Disebutnya, terkait urusan lahan dan pembersihannya itu, pihaknya sudah beberapa kali memberitahukan kepada warga.

Halaman
123
Penulis: Singgih Wahyu Nugraha
Editor: Gaya Lufityanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved