Menkeu Jepang

Tanggung Jawab Atas Skandal Di Kementriannya, Menkeu Jepang Kembalikan Gajinya

Tanggung Jawab Atas Skandal Di Kementriannya, Menkeu Jepang Kembalikan Gajinya

Tanggung Jawab Atas Skandal Di Kementriannya, Menkeu Jepang Kembalikan Gajinya
JIJI PRESS/AFP
Menteri Keuangan Jepang, Taro Aso. 

TRIBUNJOGJA.COM - Sebagai bentuk pertanggungjawaban atas skandal di kementrian yang dipimpinnya, Menteri Keuangan Jepang Taro Aso mengembalikan gajinya selama setahun.

Kementerian Keuangan Jepang diketahui menghapus semua dokumen publik yang terkait dengan skandal kroniisme yang menjerat PM Shinzo Abe.

Ratusan dokumen yang dihapus itu mengaitkan PM Abe, istrinya, dan Aso dalam penjualan tanah negara di bawah harga pasar.

"Saya akan mengembalikan 12 bulan gaji saya sebagai menteri kabinet, karena masalah ini merusak kepercayaan publik terhadap kementerian keuangan dan pemerintah," ujar Aso di hadapan jurnalis.

Namun, Aso menambahkan, dia tidak akan mundur dari jabatannya terkait skandal ini.

Aso menambahkan, dalam kasus ini kementeriannya sudah menjatuhkan sanksi untuk 20 pejabat, memangkas gaji beberapa pegawai, dan memberikan peringatan lisan.

Sementara itu PM Shinzo Abe kepada jurnalis mengatakan, dia menginginkan Aso tetap menduduki jabatannya dan memastikan telah mendapatkan pelajaran dari skandal tersebut.

"Kami harus melakukan evaluasi menyeluruh bagaimana cara menjaga dokumen publik dan mengambil langkah agar hal semacam ini tak terjadi lagi," ujar Abe.

Abe melanjutkan, sebagai perdana menteri dirinya sudah memperingatkan Aso agar dia menjalankan tanggung jawabnya dengan baik.

Skandal ini berkisar pada penjualan tanah milik negara di bawah harga pasar pada 2016.

Halaman
12
Editor: has
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved