Menguak Rahasia Prasasti Salimar

Jagal Pu Balahara dan Jejaknya di Kampung Sapen

Di kitab Negara Krtagama yang ditulis ratusan tahun sesudah era Mataram Kuno muncul istilah "samgat", menujuk pejabat penting di lingkaran inti raja

TRIBUNJOGJA.com | Setya Krisna Sumargo
Kawasan Museum Affandi di Papringan yang berada di sebelah barat Kali Gajah Wong. Ini sungai yang ada sejak ratusan tahun lalu dan abad 9 dinamakan Kali Ngambar 

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Epigraf senior Dr Ribet Darmosutopo memastikan prasasti Salimar (I sampai VI) merupakan patok batas tanah sima (hutan) Salimar yang terletak antara Prambanan hingga Nanggulan.

Dari yang tertulis di prasasti, semua menunjuk penetapan terjadi pada 10 Oktober 880 Masehi.

Baca juga:

Dari petunjuk ini, maka kekuasaan masa itu di Mdang ri Bhumi Mataram ada di tangan Rakai Kayuwangi.

Nama lengkap sang penguasa ini saat marak jadi pemimpin adalah Sri Maharaja Rakai Kayuwangi pu Lokapala Sri Sajjanotsawatunga (855-884 M).

Menurut Riboet Darmosutopo, Rakai Kayuwangi merupakan putra Rakai Pikatan.

Rakai Pikatan diyakini trah Sanjaya (Hindhu), menganut Budha, setelah menikahi Sri Kahulunan (Pramodhawardani), putri Raja Samaraungga. Candi Kalasan, Candi Plaosan Lor, Candi Sewu, adalah karya-karya hebat masa Rakai Pikatan ini.

Rakai Pikatan semasa memimpin bertahta di Poh Pitu (Mdan ri Poh Pitu). Tempat ini diyakini berada di Magelang.

Menurut prasasti Siwagrha (856 M), penerusnya, Rakai Kayuwangi Dyah Lokapala memindahkan pusat kekuasaan ke Mamrati (Mdan ri Mamrati).

Di mana Mamrati ini?

Kita akan baca petunjuk-petunjuk mengejutkan tentang letak ibukota Mataram Kuno ini di bagian lain tulisan ini, berdasarkan petunjuk yang diperoleh Riboet Darmosutopo.

Kembali ke soal Salimar, melihat angka tahun yang tertera di prasasti, maka dipastikan penetapan sima hutan Salimar itu terjadi di bawah pemerintahan Rakai Kayuwangi Dyah Lokapala di Mamrati.

Baca juga:

Masa kekuasaan Rakai Kayuwangi yang sangat panjang (29 tahun), Mdang Bhumi Mataram mengalami masa keemasan.

Halaman
123
Sumber: Tribun Jogja
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved