Tersangka OTT Peras Korban hingga Rp 27,5 Juta

Sebelum melakukan transaksi, Tim Polda bersiap di lokasi untuk meringkus korban beserta dengan barang bukti sejumlah uang hasil pemerasan pelaku.

Tersangka OTT Peras Korban hingga Rp 27,5 Juta
TRIBUNJOGJA.COM / Hasan Sakri
Petugas kepolisian menunjukkan barang bukti dan tersangka pungli saat jumpa pers di Mapolda DI Yogyakarta, Selasa (23/1/2018). Petugas berhasil mengamankan tersangka berinisial IA yang berkerja di kantor Dinas Lingkungan HIdup Kota Yogyakarta beserta uang setelah melakukan transaksi dengan korban yang sedang melakukan pengurusan perijinan. 

TRIBUNJOGJA.COM - Awalnya, Tim Saber Pungli Polda DIY mendapatkan laporan korban, yakni Direktur Netcity yang merasa dirugikan belasan juta terkait pembuatan IMB melalui tersangka Iwan Ariwanto.

Korban diminta syarat lebih guna melancarkan penerbitan IMB terkait bangunan korban.

"Enam bulan yang lalu, pelaku sudah diberi uang Rp15 juta dari korban untuk buat IMB Netcity, tapi tidak selesai sampai sekarang. Setelah ditanyakan kepada pelaku, katanya harus punya izin In Gang dulu, dan pelaku memaksa korban membayar uang Rp12,5 juta," katanya.

"Padahal, korban telah mengganti pohon pucuk merah sebanyak 50 batang kepada DLH. Korban bersedia, karena pelaku bilang akan memengaruhi permohonan IMB-nya jika tak diurus, maka dibayarlah sejumlah uang tersebut," imbuhnya.

Namun sebelum melakukan transaksi tersebut, Tim Polda bersiap di lokasi transaksi untuk meringkus korban beserta dengan barang bukti sejumlah uang hasil pemerasan pelaku.

Setelah digelandang ke Mapolda DIY, pelaku yang merupakan tenaga bantu yang lebih dari lima tahun bekerja di DLH Kota Yogyakarta itu mengaku baru pertama kali melakukan pungli. (*)

Penulis: rid
Editor: Gaya Lufityanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved