Breaking News:

Terkait Hasil Pemeriksaan BPK, Ini Tanggapan Disdukcapil Kota Yogyakarta

BPK menyatakan pemerintah kota Yogyakarta belum sepenuhnya menetapkan regulasi, kebijakan dan pedoman yang mendukung pelayanan

Tribun Jogja/Pradito Rida P
Ilustrasi: Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Yogyakarta 

Laporan Reporter Tribun Jogja Yudha Kristiawan

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Berdasarkan hasil pemeriksaan BPK menemukan permasalahan signifikan dalam penyelenggaraan administrasi kependudukan yang dilakukan oleh Pemerintah Kota Yogyakarta.

Di antaranya, BPK menyatakan pemerintah kota Yogyakarta belum sepenuhnya menetapkan regulasi, kebijakan dan pedoman yang mendukung pelayanan pendaftaran penduduk dan pencatatan sipil.

Selanjutnya, pemerintah kota Yogyakarta belum optimal mendorong penduduk dan berkoordinasi dengan instansi lain untuk melaporkan peristiwa kependudukan dan peristiwa penting.

Pemerintah kota Yogyakarta juga dianggao belum berupaya optimal dalam menyajikan data dan informasi administrasi kependudukan dengan kualitas data yang akurat mutakhir dan lengkap.

Menanggapi temuan BPK ini Kepala Disdukcapil Kota Yogyakarta Sisruwadi membenarkan adanya temuan tersebut.

Pihaknya pun sudah melakukan perbaikan agar pelayanan bisa maksimal.

Baca: Disdukcapil Kota Yogya Anggarkan 50 Card Reader untuk Kelurahan

"Sebenarnya dari temuan tersebut tak ada hal yang krusial. Hanya saja BPK pengin tahu aturan yang selama dijadikan acuan itu efektif atau tidak," ujar Sisruwadi.

Lanjut Sisruwadi, perbaikan yang sudah dilakukan di antaranya adalah BAP soal kepindahan penduduk atau status penduduk, misalnya, statusnya sudah meninggal dunia atau pindah penduduk harus detil.

Selain itu, pihaknya juga sudah bekerjasama dengan pihak KUA agar pencatatan perubahan status perkawinan bisa segera diupdate.

"Untuk kerjasama dengan Kemenag sudah kita lakukan. Untuk KUA sementara baru Danurejan dan Gondomanan. Kemarin kita sudah kumpulkan semua KUA sehingga ke depan kerjasama bisa segera efektif," ujar Sisruwadi.(TRIBUNJOGJA.COM)

Penulis: Yudha Kristiawan
Editor: Ari Nugroho
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved