LIPSUS Penyiaran Radio di Yogya

Radio Milik Pemkot Yogyakarta Malah Jadi Agen Obat Herbal

Kalangan legislatif pun menilai pembelian saham radio yang dulunya untuk radio anak di Taman Pintar tersebut sia-sia

Radio Milik Pemkot Yogyakarta Malah Jadi Agen Obat Herbal
Tribun Jogja/ Agung Ismiyanto
Seorang penyiar radio di Yogyakarta sedang melakukan siaran 

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Pemerintah Kota (Pemkot) Yogyakarta dituding tidak jelas dalam mempertanggung jawabkan penyertaan modal sebesar Rp 690 juta kepada PT Radio Swara Adhiloka.

Kalangan legislatif pun menilai pembelian saham radio yang dulunya untuk radio anak di Taman Pintar tersebut sia-sia, karena saat ini program siaran tidak lagi dinikmati warga Kota Yogya.

Penelusuran Tribun Jogja, radio PT Swara Adhiloka awalnya adalah radio anak yang ditujukan untuk mendukung kegiatan wisata edukasi di Taman Pintar. Pemkot saat itu pun membeli mayoritas saham dengan APBD sebesar Rp690 juta agar radio ini memiliki program siaran untuk menunjang pendidikan dan juga segmen anak.

Hanya saja, adanya peraturan dari Kementrian Komunikasi dan Informatika saat itu mengharuskan radio ini berpindah ke Gunungkidul. Segmen pendengar pun pada akhirnya berubah dari anak-anak menjadi progam untuk masyarakat kawasan Gunungkidul.

Radio ini pun pada akhirnya bertahan hingga kini dengan nama udara Handayani Adhiloka dan hanya bisa dinikmati oleh warga di kawasan Gunungkidul dan sekitarnya.

Meskipun, mayoritas saham dimiliki oleh Pemkot Yogyakarta, namun warga Kota Yogyakarta pun tak bisa menikmati program dari radio ini.

Ruang siaran

Tribun Jogja pun berkesempatan untuk menelusuri keberadaan radio tersebut yang kini berada di Jalan Ki Demang Wonopawiro, Ringroad Utara, Piyaman, Wonosari, Kabupaten Gunungkidul.

Alunan musik campursari mengiringi langkah Tribun Jogja saat masuk ke kantor radio tersebut.

Selain itu, iklan obat herbal pun ditempel di bagian depan kantor radio ini.

Halaman
12
Penulis: ais
Editor: ton
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved