Situs Gua Braholo Gunungkidul Sangat Penting

Lebih khusus lagi, kita ingin melacak jejak awal manusia modern tertua di Jawa, dalam konteks migrasi mereka dari Asia ke Ausstralia.

Situs Gua Braholo Gunungkidul Sangat Penting
Tribun Jogja/Setya Krisna S
Aktivitas penelitian di Gua Braholo untuk mengungkap keberadaan penghuni awal gua prasejarah di Desa Semugih, Rongkop, Gunungkidul. 

PENELITIAN di Gua Braholo, Gunungkidul, DI Yogyakarta kita tahu sudah berlangsung lama, sejak 1997 sampai 2001. Dilakukan oleh tim-tim Pusat Penelitian Arkeologi Nasional (Puslit Arkenas).

Setelah mengalami kevakuman agak lama, dilanjutkan lagi oleh tim Puslit Arkenas pada 2016, tahun ini, dan mungkin dilanjutkan lagi tahun depan.

Tujuan penelitian kali ini untuk melacak proses hunian di Gua Braholo. Kita ingin tahu bagaimana gua ini dimanfaatkan manusia pada masa lalu.

Lebih khusus lagi, kita ingin melacak jejak awal manusia modern tertua di Jawa, dalam konteks migrasi mereka dari Asia ke Ausstralia.

Dalam konteks penelusuran jejak manusia modern kaitan dengan penelitian di sini, situs ini merupakan salah satu situs di Gunung Sewu yang mempunyai arti sangat penting.

Di situs ini kita temukan banyak petunjuk penting kaitan dengan hunian prasejarah di kawasan Gunung Sewu.

Gua Braholo telah menghasilkan banyak fragmen dan artefak peradaban homo sapiens di masa awal.

Ini sedang kita telusuri terus. Hasil penelitian pada waktu lalu mengindikasikan, jejak hunian di Gua Braholo cukup tua.

Yang sudah ditemukan usianya 3.000 hingga 9.000 tahun yang lalu.

Itu didukung tak hanya temuan rangka manusia saja, tapi juga budaya dan alat yang dihasilkannya.

Halaman
12
Penulis: Setya Krisna Sumargo
Editor: Ikrob Didik Irawan
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved